Harga Pangan Stabil, Namun Mahal

JAKARTA. Upaya pemerintah menahan lonjakan harga bahan pangan pada tahun ini bisa dibilang sukses. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan harga bahan pangan sepanjang periode Januari 2017-November 2017 tercatat turun atau deflasi sebesar 0,98% dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Bahkan penurunan harga pangan secara umum ini merupakan yang pertama kali dalam 10 tahun terakhir.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemdag) Ninuk Rahayuningrum mengklaim, prestasi ini merupakan hasil kerja keras pemerintah menekan kenaikan harga pangan sepanjang tahun 2017.

“Deflasi ini tidak terlepas dari upaya Kemdag dan instansi pemerintah yang lainnya dalam menjaga harga dan stok pangan,” ujarnya dikutip epada KONTAN, Selasa (5/12/2017).

Anggota Pokja Ahli Dewan Ketahanan Pangan Pusat Khudori juga menilai deflasi tahunan untuk sektor pengeluaran bahan makanan ini perlu diapresiasi.

Menurutnya, hal ini menunjukkan pemerintah mampu mengendalikan harga pangan meskipun tidak terlalu signifikan.

Dia menilai, stabilitas harga ini merupakan buah atas kehadiran Satgas Pangan yang bisa menekan pengusaha yang selama ini berada di posisi dominan dalam memainkan harga pangan.

Namun begitu, dia menilai, bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya harga pangan saat ini cukup tinggi. “Meskipun harga pangan cenderung stabil, tetapi stabilnya di level tinggi,” ungkapnya.

Khudori menyatakan, pemerintah harus serius mengendalikan harga pangan dan menekan turun. Sebab sampai saat ini, pemerintah belum juga berhasil mengendalikan harga pangan di pasar tradisional.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: