Sri Mulyani Tak Ingin Orang RI Tua Sebelum Kaya

Sri Mulyani Tak Ingin Orang RI Tua Sebelum Kaya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tidak menginginkan masyarakat Indonesia menjadi tua sebelum kaya. Tua sebelum kaya yang dimaksud Sri Mulyani adalah banyaknya penduduk usia tua di Indonesia sedangkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia belum tumbuh signifikan.

Pada 2016, PDB Indonesia sebesar Rp 47,96 juta per kapita per tahun atau ini naik dari tahun 2015 sebesar Rp 45,14 juta dan pada tahun 2014 Rp 41,92 juta. Jika dikonversi ke nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS), pendapatan per kapita per tahun Indonesia sebesar US$ 3.605,06.

Tantangan ini perlu diantisipasi Indonesia yang saat ini masih didominasi penduduk usia muda untuk menggenjot pertumbuhan ekonominya. Sehingga Indonesia bisa menjadi kaya sebelum penduduknya didominasi usia tua.

“Dunia terutama negara emerging older before getting rich. Kalau negara maju sudah kaya baru tua,” ujar Sri Mulyani dalam acara Bisnis Indonesia Economic Challenges 2018 di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

Beban demografi tersebut sudah dialami beberapa negara lainnya, seperti China, Jepang, dan beberapa negara di Eropa. Akibatnya, beban fiskal mereka untuk membiayai penduduk usia tua lebih besar dibandingkan penerimaan pajak dari penduduk usia muda yang jumlahnya lebih sedikit.

“Problem orang lebih berusia, mohon maaf, membutuhkan lebih banyak services dari sisi kesehatan,” tutur Sri Mulyani.

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri beberapa waktu lalu berbicara tentang beban yang harus ditanggung suatu negara dengan dominasi penduduk usia tua untuk biaya kesehatan hingga pendidikan dengan penerimaan pajak yang tidak terlalu signifikan.

Pasalnya, jumlah penduduk dengan usia produktif yang memiliki pekerjaan dan membayar pajak jumlahnya lebih sedikit dibandingkan penduduk usia tua. “Jepang dan Korea (Selatan) mengalami ini,” ujar Chatib.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: