Cegah Korupsi, Menkeu Larang Pegawai Pajak Bertemu WP di Luar Kantor

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong Direktorat Jenderal Pajak (DJP) agar terus berbenah memperkuat sistem maupun kebijakan guna mencegah korupsi pegawai pajak. Salah satunya, dilakukan dengan melarang pertemuan antara petugas pajak maupun wajib pajak (WP) dalam hal administrasi pajak.

Pasalnya, jika pertemuan dilakukan di luar area kantor pajak, maka potensi untuk bersekongkol akan besar terjadi. Sebab, godaan dari WP begitu besar saat pertemuan dilakukan di area yang tidak formal.

“Kalau orang diuji terus menerus, ketemu wajib pajak boleh di warung kopi, club atau dimana saya, ya lama-lama akan terjadi conversation yang meleleh saja. Hal seperti itu yang harusnya dicegah,” katanya di Gedung DJP, Jakarta, Rabu (6/12).

Menurutnya, sudah beberapa kali kasus korupsi pajak melibatkan pegawai pajak dan WP saat mereka melakukan transaksi di luar kantor pajak. Untuk itu, dirinya menegaskan agar DJP membuat aturan jelas yang mengikat.

Jika tidak, sulit rasanya menghindari potensi korupsi yang dilakukan oleh pegawai pajak. Selain itu, citra sebagai instansi yang bersih dan baik akan sulit melekat.

“Karena korupsi tidak hanya berasal dari sistem yang lemah. Misalnya Account Representative kita bertemu Ditjen Pajak dan diperbolehkan bertemu dimana saja, itu memberikan kesempatan. Jadi Ditjen Pajak harus buat SOP supaya godaan jadi minimal,” tutup mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: