Defisit Masih 2,2%, Sri Mulyani: Pajak Tanpa Tax Amnesty Tumbuh 14,9%

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan realisasi defisit masih berada di bawah target Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Adapun target defisit pada APBN-Perubahan 2017, berada dia angka 2,6%-2,9%.

“Defisit saat ini masih 2,2%, ini masih ada dalam kisaran yang memandatkan defisit 2,6%-2,9% dari PDB,” jelas Sri Mulyani saat Live di iNews TV, Selasa (6/12/2017).

Dia melanjutkan, realisasi penerimaan perpajakan hingga 2017 ini tumbuh cukup menggembirakan. Dia memaparkan, utnuk Pajak Pertambahan Niilai (PPN) tumbuh 14,8% didorong membaiknya kegiatan ekonomi 2017. “Pajak tanpa tax amnety tumbuh 14,9%, orang pribadi tumbuh 46,4%, PPh badan untuk perusahaan di Indonesia 17,2%,” kata dia.

Menurut Sri Mulyani, ada beberapa PPh yang cukup menggembirakan seperti PPh tambang yang tumbuh 70%, PPh Bidang perdagangan tumbuh 37%, PPh perusahan kimia tumbuh 41% dan PPh di bidang jasa Keuangan tumbuh 12%. “Ini menggambarkan denyut ekonomi memiilki momentum yang harus kita jaga bersama,” tutur dia.

Sekadar informasi, Sebanyak 514 orang dan 57 badan hukum mengirimkan dokumentasi ke kantor pajak pemerintah yang khusus menangani wajib pajak seperti pembayar pajak yang sangat kaya selama amnesti periode pertama, yang berlangsung dari Juli sampai September. Kemudian diikuti dua periode tiga bulan lagi, yang berakhir pada bulan Maret 2017.

Di bawah amnesti, orang membayar 2% aset yang dipulangkan dan 4% aset dinyatakan namun tidak dipulangkan. Hukuman akan meningkat setelah 30 September yang meningkat menjadi 3% dan 6%.

Selain itu, dalam PMK 165 ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, juga memberikan kesempatan bagi seluruh WP untuk mengungkapkan harta yang belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan (SPT) tahunan.

Artinya, saat WP jujur melaporkan hartanya, akan terbebas dari sanksi sebesar 200% bagi peserta tax amnesty dan 2% selama 24 bulan maksimal 48%, dan WP hanya perlu membayar tarif PPh normal yang ada dalam PP 36/2017.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: