Kemenkeu luncurkan portal peta data APBN

Kemenkeu luncurkan portal peta data APBN

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meluncurkan portal peta data Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Portal peta data ini merupakan bentuk sinergi antara tiga direktorat di Kemenkeu.

Ketiganya, yaitu Direktorat Jenderal (Ditjen) Anggaran, Ditjen Perbendaharaan Negara, dan Ditjen Perimbangan Keuangan dengan alamat https://www.peta.data-apbn.kemenkeu.go.id/. Fungsinya, untuk memantau pelaksanaan APBN hingga capaian outputnya dan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Askolani mengatakan portal peta data tersebut bukan hanya berisi anggaran. Akan tetapi juga berisi data pembangunan di daerah-daerah di seluruh Indonesia.

“Misalnya di Sumatera bisa dilihat berapa anggaran K/L-nya berapa, anggaran transfernya, berapa jumlah penduduk miskinnya dan lain-lain,” kata Askolani dalam acara Budget Day di Gedung Dhanapala, Rabu (22/11).

Askolani melanjutkan, portal peta data menyajikan data tahun 2016, perkembangan tahun 2017, dan rencana tahun 2018 mendatang untuk masing-masing K/L, pemerintah daerah, kabupaten, dan kota. Selain itu, ada pula data inflasi hingga pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

“Sehingga kita bisa menilai sampai output-nya. Misalnya, di satu kabupaten atau provinsi, bukan hanya anggaran, tetapi juga kita mau lihat data pembangunan termasuk apa yang dilakukan di dalam APBN di tahun berjalan termasuk di pelaksanaan berikutnya,” tambahnya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: