Pola Insentif Diubah, Pegawai Pajak Kembali ke Jalan Kebenaran

Pola Insentif Diubah, Pegawai Pajak Kembali ke Jalan Kebenaran

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan bahwa kenapa pemerintah memberikan gaji dan insentif yang tinggi terhadap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Alasannya lantaran tugas dan tanggungjawab yang diembannya sangatlah besar.

Selain memiliki tanggungjawab untuk mengumpulkan penerimaan negara, otoritas pajak juga ditimpa banyak godaan untuk melakukan korupsi dan bertindak tidak jujur. Pada saat dirinya menjabat sebagai Menteri Keuangan era Presiden SBY, kisahnya, gaji dan tunjangan pegawai pajak masih terbilang kecil.

Namun, mereka dituntut untuk berlaku jujur dan berintegritas tinggi. “Waktu kita reform jilid 1, dulu Ditjen Pajak mengatakan bahwa impossible kalau kita jujur. Karena gaji aja enggak cukup,” katanya di Gedung DJP, Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Oleh sebab itu, dirinya pun langsung mengubah pola insentif untuk pegawai Ditjen Pajak. Dengan begitu, mereka bisa melakukan tugasnya dengan baik. Dia pun bersyukur, perbaikan insentif tersebut tetap diteruskan hingga pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

“Waktu saya jadi Menkeu 10 tahun lalu, setelah insentif diperbaiki, kami beramai-ramai tersesat menuju jalan kebenaran. Karena semua mengatakan hidup kita nggak mungkin normal kalau insentif nggak normal. Jadi Pak Jokowi memenuhi permintaan DJP untuk memperbaiki insentifnya,” imbuh dia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menambahkan, dengan insentif yang tinggi maka seharusnya integritas dan perilaku untuk mencegah korupsi bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bagi pegawai pajak. “Support dari Presiden dan Menterinya sudah diberikan. Kalau necessary condition sudah dipenuhi, cegah korupsi menjadi sesuatu yang not impossible,” tandasnya.

Sumber : sindonews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: