Sri Mulyani Ingin Masyarakat Lihat DJP Sebagai Instansi Bersih

Hari ini, seluruh dunia memperingati hari anti korupsi. Peringatan itu dilakukan dengan mengkampanyekan sikap jujur, bersih dan transparan dalam setiap kegiatan maupun transaksi.

Di Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupski (KPK) bersama Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan memperingati hari anti korupsi tersebut.

Di acara peringatan hari anti korupsi kali ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti DJP yang telah 16 tahun memperingatinya. Di kurun waktu yang cukup panjang itu, Sri Mulyani menilai persepsi DJP sebagai lahan basah bagi koruptor masih belum hilang di benak masyarakat luas.

“Untuk DJP, tentu sesudah 16 tahun memperingati hari anti korupsi. Saya meminta melakukan refleksi, evaluasi terhadap apa yang selama ini masih belum tercapai. Apa itu? Persepsi bahwa DJP adalah institusi terbaik dan bersih. Itu tadi yang disebutkan dalam mars DJP.” ujarnya di Kantor DJP, Jakarta, Rabu (6/12).

Menkeu bisa memahami bila persepsi buruk aparat pajak muncul lantaran banyak pejabat pajak yang terjerat kasus korupsi dan harus mendekam di hotel prodeo beberapa tahun terakhir. Kondisi itu pun membuat kepercayaan masyarakat terhadap institusi pajak semakin buruk.

Parahnya, masyarakat masih menganggap DJP sebagai institusi yang tidak ramah dan cenderung radikal kepada masyarakat khususnya wajib pajak (WP).

“Persepsi itu ada penyebabnya. Kalau tidak ada api, nggak mungkin ada asap. Jadi pasti ada yang mentrigger. Karena itu DJP perlu memperbaiki dari sisi persepsi, kalau perlu (dilakukan secara) radikal,”pungkasnya.

Sumber : jawapos.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: