Pengusaha Khawatir Pemerintah Naikkan Pajak

Pengusaha Khawatir Pemerintah Naikkan Pajak

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) khawatir tahun depan pemerintah semakin menggencet pengusaha supaya target pajak tercapai.

Ketua Umum Hipmi Bahlil Lahadalia menyatakan demikian lantaran melihat pertumbuhan ekonomi yang diprediksi pada 2018 tidak akan jauh berbeda dengan pertumbuhan tahun ini. Sedangkan target pajak pada RAPBN-2018 cukup tinggi yakni Rp1.618,1 triliun.

“Namun ada sebuah kekhawatiran target pajak Rp1.618 triliun ini merupakan target yang sangat optimistis tapi juga ekspansif yang membuat kami agak sedikit tanda kutip, sebab pertumbuhan ekonomi 2018 asumsinya tidak jauh beda dengan pertumbuhan ekonomi 2017,” ungkap Bahlil dalam dialog Hipmi-Kadin di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

Bahlil khawatir ketika target pajak ditetapkan tinggi nantinya pemerintah akan menekan pengusaha dengan meningkatkan pajak yang dibayarkan pengusaha. Kemungkinan terburuk itu pun diakuinya sudah dibahas dalam rapat internal Hipmi.

“Dengan kajian di internal Hipmi ada sebuah kekhawatiran. Bahwa jangan-jangan ketika negara mengharapkan Rp1.600 sekian triliun, kemudian pengusaha lah yang menjadi faktor penting dalam memberikan kontribusi tersebut,” kata dia.

Hipmi menginginkan keadilan tercipta dalam penerapan pajak di Indonesia. Tidak hanya mengincar golongan bawah tetapi juga golongan atas.

“Jangan juga kita membangun sebuah pemahaman hanya yang menengah ke bawah yang menjadi incaran pajak, sementara keatas dibiarkan. Saya pikir asas keadilan perlu diterapkan,” tutup dia.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: