Sri Mulyani Belum Puas dengan Kenaikan Peringkat Indonesia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengunjungi KPPN Direktorat Jenderal Perbendaharaan di Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings telah menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi BBB dengan outlook stabil pada 20 Desember 2017 lalu. Sebelumnya, Fitch mengganjar Indonesia dengan peringkat BBB- outlook positif.

Terkait dengan kenaikan peringkat ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan senang dengan penilaian yang dikeluarkan Fitch. Penilaian ini mencerminkan bahwa asesmen terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) lebih memiliki kredibilitas.

Selain itu, penilaian tersebut juga mencakup arahan terkait penerimaan, belanja, risiko, dan sistem perekonomian secara keseluruhan. Akan tetapi, Sri mengaku pihaknya belum puas dengan penilaian Fitch tersebut,

“Tidak puas, puas kalau rating menjadi AAA. Kalau masih BBB belum (puas),” kata Sri di KPPN Jakarta II Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kamis (21/12/2017).

Sri menyatakan, Indonesia masih harus bekerja keras untuk kembali memperoleh kenaikan peringkat. Akan tetapi, ia menghargai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang terus memperbaiki sistem pengelolaan negara dengan pembukuan, transparansi yang baik dan asesmen risiko.

Dalam jangka pendek, kenaikan peringkat akan mempengaruhi kepercayaan diri investor yang lebih baik. Hal ini dibutuhkan ketika ada risiko eksternal, termasuk baru diluluskannya undang-undang perpajakan di AS.

“Kalau Indonesia punya pondasi yang baik dan diakui internasional, Indonesia bisa agak bebas dari sentimen negatif. Bisa memiliki tambahan ketahanan untuk tersapu dari berbagai macam spekulasi,” kata Sri.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: