Mendag Jamin Aturan Pajak e-Commerce tak Bikin Gaduh Dunia Usaha

Mendag Jamin Aturan Pajak <i>e-Commerce</i> tak Bikin Gaduh Dunia Usaha

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin aturan pajak bagi pelaku industri e-commerce akan diterapkan secara berkeadilan untuk menciptakan level playing field yang sama dengan perdagangan konvensional. Skema pajak yang masih difinalkan di Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, dan Badan Kebijakan Fiskal ini tidak akan membuat dunia usaha menjadi gaduh.

“Kita tidak mungkin mengeluarkan peraturan yang membuat gaduh dan bising akhirnya orang takut juga berbelanja,” ucap Enggar dalam sebuah wawancara khusus dengan Medcom.id di Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Enggar melanjutkan, pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan berhati-hati dalam menyusun aturan pajak tersebut. Aturan ini bukan kepada pengenaan pajak jenis baru tapi lebih berkaitan dengan tata cara pemungutan pajak.

“Kita akan lakukan upaya perbaikan dengan hati hati, kami semua akan hati-hati,” imbuh dia.

Enggar pun tak ingin bisnis online yang tengah naik daun ini  dituduh menggerus eksistensi perdagangan konvensional atau offline. Menurutnya sejumlah gerai ritel gulung tikar memang diakibatkan oleh perubahan tren belanja di seluruh dunia dari offline ke online.

“Sekali lagi online yang dituduh offline bahwa karena tidak bayar pajak atau satu sewa tempat dan satu lainnya enggak, tetapi kalau kemudian ditakuti dengan bergaya ancaman dan sebagainya orang akan sulit dan awalnya sulit berbelanja jangan diganggu dulu,” tutupnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE-62/PJ/2013 tentang Penegasan Ketentuan Perpajakan atas e-Commerce. Ada empat model bisnis internet yang akan dikenai pajak berdasarkan surat itu, yaitu marketplace, classified ads, daily deal, dan peretail online.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: