Hotel, Restoran, dan Tempat Hiburan Dipasang “Tapping Box” agar Jujur Bayar Pajak

Walikota Magelang Sigit Widyonindito memberikan penghargaan kepada hotel, restoran dan tempat hiburan yang berprestasi membayar pajak di Aula Adipura Kencana, komplek kantor Setda Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (4/12/2017).

Semua hotel, restoran, dan tempat hiburan di Kota Magelang, Jawa Tengah, akan dipasangi alat perekam transaksi tapping box mulai Desember 2017.

Alat ini untuk mendukung transparasi pembayaran pajak oleh wajib pajak (WP) yang berasal dari ketiga usaha tersebut.

Tapping box akan dipasang di hotel dan restoran, fungsinya untuk mencatat atau menangkap semua transaksi yang kemudian tercetak oleh printer point of sales,” Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, Larsita, Senin (4/12/2017).

Sebagai permulaan, alat ini akan dipasang di 10 tempat berbeda, meliputi 5 hotel dan 5 restoran. Lima hotel yang dimaksud antara lain Hotel Safira, Hotel Atria, Hotel Puri Asri dan restoran cepat saji KFC.

Dia mengklaim, dengan alat ini dipastikan tidak akan ada kebocoran transaksi wajib pajak. Setiap hotel, restoran, ataupun tempat hiburan tidak akan dibebani biaya apa pun dalam sistem ini. Hanya saja, petugas yang akan mengoperasikan alat ini diserahkan kepada wajib pajak.

“Sumber daya manusia (SDM) kami serahkan kepada wajib pajak. Kami (Pemerintah) akan memberikan pelatihan kepada mereka sebelum menjalankan sistem ini,” katanya.

Menurutnya, hotel, restoran, dan tempat hiburan merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang siginifikan dari kategori pariwisata. Dia pun berharap, PAD Kota Magelang akan terus meningkat dari sektor tersebut.

“Tiap tahun kontribusi pariwisata ke PAD terus meningkat. Tahun 2015 lalu, PAD tumbuh 3,2 persen, lalu naik di tahun 2016 sebesar 3,15 persen, dan sampai November 2017 naik kembali menjadi 4,17 persen atau sebesar Rp 7,798 miliar,” ujarnya.

Sumber : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: