RUU Pajak AS Berdampak Positif bagi Kenaikan Ekspor

RUU Pajak AS Berdampak Positif bagi Kenaikan Ekspor

Menko Perekonomian Darmin Nasution terus memantau perkembangan kebijakan di berbagai negara termasuk diloloskannya Rancangan Undang-Undang (RUU) Pajak oleh Kongres AS.

Menurut Darmin reformasi pajak di Negeri Paman Sam tersebut sebenarnya ditujukan untuk memacu ekonomi negara tersebut yang masih dalam pemulihan yakni dengan memberikan stimulus pajak yang lebih murah sehingga mendatangkan investasi.

Darmin mengatakan jika ekonomi AS membaik maka akan berpengaruh positif bagi perekonomian dunia, terutama untuk peningkatan ekspor, tak terkecuali untuk Indonesia.

“Kalau memang membaik ekonominya dia, itu juga akan membaik ekspor dari banyak negara yang memang umumnya banyak mengekspor ke AS, termasuk kita,” kata Darmin di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember 2017.

Namun demikian, mantan Gubernur Bank Indonesia ini belum bisa memastikan seberapa besar pengaruh lainnya yang ditimbulkan dari persetujuan RUU tersebut. Dia bilang, besar kecilnya pengaruh akan tergantung dari respons negara-negara lain.

Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa Amerika Serikat masih masuk dalam tiga besar negara pangsa ekspor Indonesia. Catatat BPS, sepanjang kurun waktu Januari-November, ekspor non migas Indonesia ke negara tersebut sebesar USD15,72 miliar.

Sebelumnya, Kongres AS pada Rabu akhirnya meloloskan rancangan undang-undang pajak (RUU Pajak) Republik untuk merombak kode pajak AS selama tiga dekade.

Setelah itu, Kongres AS mengirimkannya ke meja Presiden Donald Trump untuk ditandatangani. Di tengah kekhawatiran perubahan tersebut, ini akan memperluas ketimpangan pendapatan dan membengkaknya utang publik.

Melansir Xinhua, Kamis, 21 Desember, DPR pada Rabu memilih 224-201 untuk menyetujui paket pemotongan pajak senilai USD1,5 triliun, yang akan berdampak hampir pada setiap bagian dari ekonomi terbesar di dunia itu, bahkan mempengaruhi bisnis besar dan kecil, serta keluarga.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: