Batas Bea Masuk Naik Jadi USD500, Sri Mulyani: Ini untuk Pelayanan!

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188 Tahun 2010 tentang Impor Barang yang Dibawa Oleh Penumpang, Awak Sarana, Pengakut, Pelintas Batas dan Barang Kiriman. Salah satu hal yang direvisi mengubah batas atas bea masuk barang bawaan dari luar negeri dari sebelumnya USD250 menjadi USD500.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, perubahan aturan ini mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Di mana dalam tiga fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan sudah dituangkan.

 Pertama itu adalah pelayanan masyarakat, kedua, sebagai penerimaan negara baik dari bea cukai, bea masuk, bea keluar dan ketiga mendukung industri dalam negeri.

“Jadi dalam isu ini, pelayanan karena jutaan orang Indonesia ingin melakukan traveling. Maka ini untuk pelayanan,” ujarnya, di Aula Kemenkeu, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

 Menurut dia, kenaikan batas bea masuk ini tidak akan mempengaruhi pendapatan negara dari sisi penarikan pajak barang bawaan penumpang dari luar negeri. Pasalnya, selama ini saja pendapatan itu hanya Rp5 miliar per tahun.

“APBN tidak signifikan tapi ini kalau  pemberitaan semua sulit, pemerintah dikatakan semena-mena ketika ada kejadian. Jadi kita ingin memperbaiki ini,” ujarnya.

Pemerintah juga berencana untuk mengenakan Bea Masuk untuk barang tak berwujud (intangible goods) yang masuk ke Indonesia. Adapun intangible goods yang dimaksud adalah barang seperti e-book, software, dan sebagainya yang tidak memiliki wujud.

Sri Mulyani menyatakan, sebelumnya Indonesia telah terkait moratorium dengan World Trade Organisation (WTO). Dalam moratorium ini dikatakan bahwa negara berkembang tidak bisa mengenakan bea masuk untuk barang tak berwujud.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: