Reformasi Pajak AS jadi Tolak Ukur RI Turunkan Tarif

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menerima RUU Pajak usulan Republik yang telah diloloskan Kongres. RUU tersebut menitikberatkan adanya reformasi pajak di Negeri Paman Sam, termasuk didalamnya rencana menurunkan tarif pajak.

Dalam RUU tersebut dimaksudkan yakni merombak aturan pajak di AS salah satunya yakni untuk memangkas tarif pajak penghasilan (PPh) badan menjadi 21 persen dari sebelumnya 35 persen dan pengurangan 20 persen untuk pendapatan bisnis perseroan terbatas. Serta PPh individu tertinggi menjadi 37 persen dari 39,6 persen saat ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan reformasi pajak AS menjadi salah satu tolak ukur bagi Indonesia untuk ikut menyesuaikan aturan pajak.

“Kalau kita lihat dengan adanya AS melakukan peraturan pajaknya yang berubah, ini bisa jadi tolak ukur bagi kita,” kata Ani ditemui di Hotel Four Seaseon, Jakarta, Rabu, 27 Desember 2017.

Dia menjelaskan, perubahan peraturan pajak di AS, bisa saja menjadi parameter bagi Indonesia dalam membenahi aturan pajak, termasuk di dalamnya terkait pengurangan tarif.

Apalagi beberapa aturan pajak memang masuk dalam daftar revisi, di antaranya UU KUP, UU PPh, dan UU PPN. Bisa saja nantinya penyesuaian yang dilakukan di AS, diterapkan di salah satu UU tersebut.

“Kami lihat kontennya apa, baik bracket, rate maupun dari sisi kemudahan membayar pajaknya. Apakah masuk dalam domain KUP, PPh yang biasanya paling banyak di-complain pembayar pajak. Kami cukup responsif, Indonesia cukup atraktif dan responsif terhadap policy internasional,” jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:pajak dunia

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: