Bea Cukai Naikkan Nilai Barang yang Bebas Masuk

Kantor Bea dan Cukai

Banyaknya keluhan penumpang menindaklanjutai arahan Presiden Jokowi mengenai dinamika pembatasan pembebasan Bea Masuk Untuk barang pribadi penumpang dari luar negeri, Menteri Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Ditjen BC) menaikan nilai barang yang bebas masuk tersebut.

Siaran pers yang dikeluarkan Direktorat Kepabeanan International dan Antar Lembaga Ditjen Beacukai menyebutkan batasan nilai barang masuk dinaikkan dari semula Free On board (FOD) 250 dollar AS/Orang menjadi FOD 500 dollar AS per orang dan menghapus istilah keluarga untuk barang pribadi penumpang yang semula batasan nilai barang masuk dari 1.000 dollar AS/Keluarga.

Penyederhanaan pengenaan tarif bea masuk yang sebelumnya dihitung item per item barang, sekarang menjadi hanya tarif tunggal yaitu 10 persen, hal ini sesuai dengan praktik international penggunaan tarif tunggal yang juga diberlakukan oleh Singapura 7 persen, Jepang 15 persen dan Malaysia 30 persen.

Bagi penumpang yang akan membawa barang-barang ke luar negeri untuk dibawa kembali ke Indonesia agar memberitahukan petugas Bea Cukai di terminal pemberangkatan dan saat kembali menunjukan bukti pemberitahuan tersebut sehingga tidak dikenakan pungutan bea masuk.

Selain itu, barang bawaaan penumpang meliputi obat-obatan, produk biologi, obat tradisional, kosmetik, suplemen, minuman kesehatan dan makanan olahan sepanjang untuk penggunaan sendiri/pribadi, importasi produk tertentu berupaka pakaian menjadi 10 potong dan produk elektronik sebanyak maksimal dua unit.

Direktoran Jenderal Bea dan Cukai (Ditjen BC) telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pelayanan Barang BAwaan Penumpang untuk memberikan one stop service kepada penumpang yang mengalami kesulitan dengan proses penyelesaian barang bawaaannya.

Satgas tersebut ditempatkan di empat bandara international yaitu Soekarno Hatta, Juanda Surabaya, Ngurahrai Bali dan Bandara Kualamu Medan.

Sumber : poskotanews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: