Kini Bayar Pajak Lebih Mudah, Pemko Medan Launching Aplikasi Pajak Online

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin dan Dinas BPPRD Medan melaunching aplikasi mobile pendaftaran, pelaporan, Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) dan pembayaran online Pajak Daerah Non-PBB/BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan).

Dengan dilaunchingnya program aplikasi ini, Eldin berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kewajiban membayar pajak.

“Kita berharap dengan aplikasi ini, akan membuat masyarakat merasa lebih mudah lagi untuk menyetorkan pajaknya tanpa tangan-tangan tertentu. Dengan kemudahan ini, para pelaku usaha yang menjadi wajib pajak dengan kesadaran sendiri akan membayar pajaknya masing-masing,”ungkap Eldin Jumat (29/12/2017).

Kepala Dinas Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan, Zulkarnain menambahkan, kemauan membayar pajak daerah bukan harus yang besar-besar saja, tetapi juga pajak yang kecil. Tapi karena jumlahnya banyak, tentu bila terpungut seluruhnya, akan tetap memberikan sumbangan besar bagi pembiyaan pembangunan kota.

“Tantangan pengelolaan pajak daerah dalam tahun 2018 juga semakin berat, sebab target yang telah disetujui dalam APBD 2018 mencapai Rp 1,5 triliun lebih atau meningkat rata-rata 8,6 persen lebih dibandingkan tahun 2017. Namun. kita yakin bila semua masyarakat pajak daerah, mendukung gerakan sadar pajak, target ini akan dapat dicapai dengan optimal.

Untuk itu, lanjutnya, BPPRD juga telah meluncurkan aplikasi pelayanan administrasi pajak daerah secara mobile, mulai dari pendaftaran, pemberitahuan, pembayaran pajak daerah. Semua akan dilakukan secara online tanpa harus mendatangi loket-loket pelayanan konvensional yang ada.

Pihaknya juga akan lebih mengoptimalkan monitoring dan evaluasi pengelolaan pajak daerah. Tahun 2018, BPPRD juga sudah mulai menerapkan pemasangan tapping box kepada setiap transaksi pajak daerah yang ada. Sehingga pengawasannya lebih efektif sekaligus jumlah pajak yang disetor dapat diketahui secara real time.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: