Pemerintah Ngotot Divestasi Freeport Tuntas Awal 2018

Pemerintah <i>Ngotot</i> Divestasi Freeport Tuntas Awal 2018

Divestasi Freeport belum tuntas. Kedua belah pihak yakni pemerintah indonesia dan pemegang saham Freeport Indonesia masih membahas nonimal sahamnya.  Pemerintah mengaku bahwa akan berusaha mempercepat pada awal tahun ini supaya keberlangsungan ekonomi Papua dan indonesia tetap berjalan baik.

“Jangan lupa ekonomi Papua sangat bergantung ke Freeport. Berapa puluh ribu rakyat bekerja disitu, berapa ekonomi rakyat berjalan karena itu. Kita tidak ingin menjadi contoh yang jelek,” kata  Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Media Indonesia, Senin, 1 Januari 2018.

Dia mengatakan bahwa posisi pemerintah ialah Freeport dapat berjalan dengan rencana-rencana yang disetujui bersama, seperti mendirikan smelter.

“Freeport ingin mendirikan smelter kalau diperpanjang. Disamping itu juga soal divestasi. Ini masih berjalan. Tapi saya kira prinsip-prinsipnya sudah. Tinggal soal waktu saja,” kata da.

Dia memastikan bahwa Freeprot sudah berniat memperpanjang investasi di Indonesia. Dia berharap bahwa Freeport bisa menanamkan investasinya sampai dengan 2040.

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu meminta proses perundingan Freeport dengan pemerintah, termasuk soal divestasi 51 persen saham, selesai di akhir tahun lalu. Impian itu pupus.

“Kita kasih waktu biarlah pemerintah berunding sekali lagi dengan Freeport. Tapi harus digarisbawahi, apa pun itu sesuatu keputusan rasional. Kita kasih waktu sampai akhir tahun,” tegasnya.

Mengenai nilai valuasi 51 persen divestasi saham Freeport, menurutnya, tidak akan jauh dari yang disampaikan Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam rapat kerja sebelumnya. Jonan menyampaikan, jika melihat market cap Freeport McMoran nilainya mencapai USD20 miliar, kontribusi Freeport Indonesia ke induknya itu 40 persen (USD8 miliar). Dengan demikian, divestasi saham tersebut sebesar USD4 miliar.

“Tapi nilainya belum ada, ya. Apa pun itu, ini angka besar, saya kira ini tidak mudah. Kita harap akhir Desember sudah ada kesepakatan. Kesepakatan mekanismenya bertahap dan selesai di 2019,” pungkas Gus.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: