Arab Saudi Tarik PPN 5%, Biaya Haji dan Umrah Naik

Pemerintah Arab Saudi memberlakukan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 5% sejak 1 Januari 2018. Kebijakan ini akan berimbas kepada biaya haji dan umrah.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Muslim Perjalanan Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) Firman M. Nur mengatakan PPN tersebut berlaku untuk pembelian barang, pembayaran trasportasi, hotel, makanan dan lainnya.

“Arab Saudi menaikkan biaya haji dan umrah per 1 Januari 2018. Ini tentunya berimbas kepada biaya biro perjalanan haji dan umrah,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Rabu (3/1/2018).

Menurut Firman, Indonesia tidak bisa memprotes kebijakan tersebut walaupun beberapa tahun terakhir jemaah haji dan umrah paling banyak datang dari Indonesia. “Kita tidak bisa mencampuri urusan mereka. Mau tidak mau kita harus mengikuti aturan tersebut,” tuturnya.

Namun, jamaah dinilai tidak perlu khawatir karena kenaikan biaya tidak begitu besar. Selain itu, komponen biaya yang naik hanya biaya akomodasi dan transportasi atau hanya sebagian dari komponen biaya perjalanan.

“Kenaikan biaya itu tergantung dari perusahaannya. Tidak bisa saya asumsikan. Tetapi, kenaikannya tidak begitu besar,” jelas Firman.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: