Sri Mulyani Heran Insentif Pajak Dunia Usaha tak Laku di 2017

Sri Mulyani Heran Insentif Pajak Dunia Usaha tak Laku di 2017

Sepanjang 2017 pemerintah mengakui insentif pajak untuk dunia usaha yang diberikan dalam bentuk tax holiday dan tax allowance tak laku.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga merasa heran dan mempertanyakan mengapa pengusaha tak minat untuk mengambil fasilitas tersebut. Dirinya kemudian berpikir apakah memang dianggap sebagai instrumen yang tak menarik.

“Enggak ada yang apply, kita juga mau tahu kenapa enggak ada yang ambil, apakah enggak menarik atau apa?” kata Ani sapaan akrabnya dalam dialog makro dan fiskal bersama pengusaha, pengamat dan pimpinan media di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Ani mengatakan, instrumen pajak tersebut telah diformulasilan cukup lama yakni kira-kira lebih dari 10 tahun sejak dirinya menjabat sebagai Menteri Keuangan pertama kali 2007.

Ketika disusun kala itu, yakni berdasarkan masukan Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) yang bertugas menghadapi para investor atau dunia usaha yang menilai tax holiday dan tax allowance merupakan bentuk insentif yang dibutuhkamn dunia usaha.

Dari situlah, lanjut Ani, pemerintah juga memfasilitasi berbagai masukan yang ada. Namun, dengan realitanya saat ini yang nampaknya diminati, maka, diakui Ani, pemerintah juga perlu mengkaji ulang insentif tersebut.

“Beberapa hal mungkin kita perlu review lagi. Kita akan dengan dan nanti akan disampaikan pada menteri yang lain,” jelas Ani.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Kamar Damar dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani mengatakan dirinya belum bisa memastikan penyebab utama mengapa dunia usaha tak tertarik dengan insentif tersebut.

“Itu mesti lihat case by case, kenapa? Saya belum bisa jawab kenapa industri ini enggak apply, enggak ada demand atau kenapa, belum ada yang lapor saya,” tambah Rosan.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: