Penerimaan Pajak Tower Capai Rp 400 Juta

Penerimaan Pajak Tower Capai Rp 400 Juta

Kepala Dinas Komunikasi dan  Informasi Tatang sudirdja menyebutkan target tahun untuk pajak tower selama tahun 2017 tercapai 100 persen. Ditemui di kantor Pemkot Tatang mengatakan bahwa target pajak tower selama satu tahun sebanyak Rp 400 jutaan, Senin (8/1).

“Alhamdulillah sesuai dengan target tercapai, Rp 400 jutaan, dari 350 tower yang tersebar di Balikpapan, targetnya tahun ini ada kenaikkan sekitar Rp 630 jutaan. Optimis tercapai ditahun 2018, karena ada rencana penambahan tower secara bertahap,” kata Tatang.

Untuk penambahan tower tersebut dilihat dengan kondisi daerah. “Daerah tidak tentu, karena pengusaha menentukan lokasinya sendiri, sesuai kebutuhan pelanggan, ada daerah yang blank spot. Perusahaan yang mengajukan sekitar 30 tower,” ungkapnya.

Pengecekan sendiri dilakukan Diskominfo dua kali selama satu tahun. Dan dilakukan pula dari dinas terkait.

“Kita hanya memantau menara telekomunikasi, dan rata-rata tingginya flat. Dengan menggunakan tarif tunggal sekitar Rp 1.990.000 pertahun. Harga itu termasuk murah karena dibayar satu tahun. Belum ada kenaikkan, karena kami menyesuaikan Perda,” ujar Tatang.

Sementara itu,Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Irfan taufik menambahkan untuk di Balikpapan kebanyakan tower rooftof dan digunakan oleh pemilik provider.

“Di Balikpapan itu lebih banyak tower Rooftof yang satu tower, contohnya diatas rumah, gedung, di bandara. Kalau yang besar-besar itu ada di luar negri,” katanya.

Menurutnya, provider itu hanya penyewa, yang membayar tower itu pemilik tower. “Itu namanya menara bersama, satu tower digunakan bersama.
Dari sisi tugas dan fungsi Diskominfo hanya melihat daerah-daerah yang Blankspot, sehingga ketika mengajukan perizinan sudah ada tower disitu, buat apa lagi. Semua dari teknis bangunananya, kalau ada IMB boleh mendirikan,” ungkapnya.

Sumber : tribunnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: