Pembaharuan Tax Core Administration System Mendesak Dilakukan

Kalangan pengamat menganggap, pembaruan core tax administration system sangat mendesak bagi otoritas pajak. Apalagi, target kepatuhan wajib pajak tahun ini naik dibandingkan dengan tahun lalu.

Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengatakan, dengan sistem yang baru, kinerja otoritas pajak akan lebih terukur dalam mengawasi wajib pajak. Sistem yang mutakhir juga akan memudahkan mereka mencapai target kepatuhan melaui pelaporan SPT.

“Dengan sistem yang baru, proses pengawasan akan optimal, karena untuk kasus bukti potong, e-bukti potong otomatis akan terhubung ke masing-masing wajib pajak,” kata Prastowo, Senin (5/2/2018).

Core tax administration system adalah sistem teknologi informasi yang menyediakan dukungan terpadu bagi pelaksanaan tugas Ditjen Pajak termasuk otomasi proses bisnis mulai dari proses pendaftaran wajib pajak, pemrosesan surat pemberitahuan dan dokumen perpajakan lainnya, pemrosesan pembayaran pajak, dukungan pemeriksaan dan penagihan, hingga fungsi tax payer accounting.

Sebelum munculnya kabar mengenai keberadaan Pepres itu, pengembangan core tax administration system yang merupakan salah satu komponen vital dalam program Reformasi Perpajakan telah memasuki fase desain.

Adapun, core tax administration system yang dimiliki Ditjen Pajak saat ini termasuk sudah uzur, pasalnya sistem ini terakhir kali diperbarui pada awal dekade 2000 an lalu. Namun demikian, kalaupun diperbarui, prosesnya bisa memakan waktu bertahun-tahun.

“Kalau core tax jadi seharusnya semuanya lebih mudah, karena akan mempermudah proses dan menyederhanakan prosedur,” ujarnya.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: