Ditjen Pajak Sederhanakan Aturan SPT, Begini Detailnya

https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 08 20 1856786 ditjen-pajak-sederhanakan-aturan-spt-begini-detailnya-fycoKc6vCe.jpg

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi telah merilis Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 9 tahun 2018 yang merupakan revisi dari PMK nomor 243 tahun 2014 tentang Surat Pemberitahuan (SPT). Aturan yang dirilis pada 26 Januari 2018 ini dikeluarkan untuk menyederhanakan administrasi pengelolaan dan pelaporan SPT.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Hestu Yoga Saksama mengatakan, tujuan dari revisi PMK ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada wajib pajak (WP) dalam pelaporan kewajiban pajaknya.

Dia juga menjelaskan dalam PMK ini juga dihilangkan kewajiban pelaporan SPT Masa apabila memang tidak ada pajak yang dipotong/dipungut/disetor pada masa pajak yang bersangkutan.

“Misalnya tidak ada angsuran PPh Pasal 25 yang harus disetor, maka WP tidak perlu lapor SPT Masa PPh Pasal 25 Nihil setiap bulannya,” ungkapnya kepada Okezone, Kamis (8/2/2018).

Tidak hanya itu, dia mengatakan ini juga berlaku untuk Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21. Seluruh karyawan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) maka tidak perlu lapor SPT Masa PPh Pasal 21 setiap bulannya.

“Kecuali untuk Masa Pajak Desember. Demikian juga untuk beberapa jenis pajak lainnya,” jelasnya.

Selain itu, dia menjelaskan, PMK nomor 9 tahun 2018 ini juga untuk memperbaiki administrasi penerimaan dan pengelolaan SPT oleh Ditjen Pajak.

Jadi nantinya, WP yang selama ini diwajibkan menyampaikan SPT Masa PPh Pasal 21 atau SPT Masa PPN secara e-SPT, maka dengan PMK sekarang diwajibkan menyampaikannya secara e-filing.

“Jadi tidak bisa manual atau e-SPT lagi. Secara keseluruhan, PMK Nomor 9 tahun 2018 ditujukan untuk mendukung peningkatan Easy of Doing Business (EoDB) Indonesia,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: