Audi Tak Ingin Berharap Banyak dengan Rencana Penurunan Pajak Sedan

Audi Tak Ingin Berharap Banyak dengan Rencana Penurunan Pajak Sedan

Revisi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan yang diusulkan Kementerian Perindustrian sedang dirundingkan. Revisi diusulkan lantaran mobil sedan yang digolongkan sebagai barang mewah dan dikenai pajak lebih tinggi dibandingkan dengan model lainnya.

Hal ini menjadikan indikasi sebagai kurang larisnya sedan di Indonesia, terlebih Indonesia tidak bisa ikut bersaing di global. Rupanya menanggapi hal tersebut, pabrikan mobil asal Jerman, Audi dan Volkswagen tidak ingin berharap banyak kebijakan tersebut.

Seperti yang disampaikan Chief Operation Officer PT Garuda Mataram Motor (distributor Audi dam VW di Indonesia), Jonas Chendana, pihaknya tidak ingin berharap lebih terhadap hal tersebut untuk sekarang. Tapi bila pajak sedan sudah diturunkan, tentu itu menjadi kabar baik.

“Saya tidak mau ngomong banyak. Tapi kalau pajak diturunin otomatis harganya juga bakal turun. Tapi gak mau ngomong sekarang ah, nanti saja setelah sudah selesai baru deh kita atur lagi strateginya (termasuk penurunan harga sedan),” paparnya kepada wartawan di kawasan BSD, Tangerang, Sabtu (24/2/2018).

“Kalau turun, misalkan 10 persen saja, lumayan banget,” harap Jonas.

Dikesempatan yang sama, dirinya berharap pemerintah Indonesia bijak terhadap revisi pajak mobil sedan tersebut. Sehingga seluruh pihak mendapatkan manfaat positifnya.

“Kita lihat saja nanti penurunannya berapa, kita ga mau berandai-andai. Tunggu di depan mata saja, baru kita atur lagi strateginya. Yang jelas itu bakal menguntungkan semua pihak khususnya pecinta mobil sedan,” ujar Jonas.

Saat ini, pajak untuk sedan mini (1.500 cc ke bawah) dikenai 30 persen dan sedan kecil (di atas 1.500 cc) 40 persen. Adapun kendaraan penumpang selain sedan dan wagon, tarif PPnBM hanya 10-20 persen.

Dari peraturan tersebut, Audi mampu menjual 36 unit sedan sepanjang 2017 (berdasarkan data Gaikindo).

“Kita serahkan kepada penguasa (pemerintah) saja lah, kita kan pemain atur strateginya nanti,” tutup Jonas.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: