Bos BLANJA.com Sambut Baik Rencana Penurunan Tarif Pajak e-Commerce Hingga 0,5 Persen

CEO blanja.com Aulia E Marinto

CEO BLANJA.com Aulia E. Marinto menyambut posistif rencana penurunan besaran tarif pajak hingga 0,5 persen.

“Kebijakan ini sangat baik, dan kita sebagai pemain di indistri e-commerce menyambut posistif,” ujar Aulia kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Menurut Aulia, nikai ini sudah cukup pas jika diterapkan untuk UMKM. “Formulanya sangat pas jika untuk menyasar UMKM yang saat ini tengah giat didorong oleh pemerintah,” terangnya

Selain itu, lanjutnya, nilai tersebut juga telah cukup mencerminkan pelaksanaan prinsip perlindungan terhadap UMKM. “Hal ini sebagaimana tercantum dalam Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Ekektronik (SPNBE),” kata Aulia.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengusulkan pajak penghasilan (PPh) yang dikenakan untuk pelaku e-commerce sebesar 0,5 persen.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan rencana Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait penurunan PPh seluruh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang saat ini masih sebesar satu persen.

Ia menambahkan, saat ini usulan tersebut masih dikaji oleh Kementerian Keuangan. Salah satunya mengenai efek terhadap pelaku bisnis e-commerce yang biasanya menjual barang dengan harga lebih murah dibandingkan toko fisik.

“Sedang dikaji di keuangan, nanti mereka yang umumkan,” ujarnya.

Disisi lain, Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, rencana memberikan insentif bagi pelaku UMKM dalam pembahasan aturan pajak e-commerce.

Insentif itu diberikan dalam rangka mendukung perkembangan UMKM sekaligus mengantisipasi ekspansi pelaku e-commerce dari luar negeri.

Jika pemain sektor UMKM dalam e-commerce bisa bertumbuh, Ani meyakini keberadaan mereka bisa mengimbangi persaingan dengan e-commerce besar dari luar negeri. Terutama dalam menghadapi masuknya barang impor dalam jumlah besar.

Sumber : industry.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: