Penerimaan Pajak Awal 2018 Naik 11,17 Persen

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merilis penerimaan pajak awal 2018 yang mencapai Rp78,94 triliun atau naik 11,17% dibanding periode sama tahun lalu. Direktur Jenderal Pajak Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan, realisasi penerimaan pajak pada Januari 2018 cukup positif terutama jika dilihat tren selama empat tahun terakhir atau sejak 2015.

Ia menjelaskan, pada Januari 2015 penerimaan pajak tumbuh negatif 12,41% dan pada Januari 2016 pertumbuhannya negatif 4,43%. Pada 2017, pertumbuhannya mulai positif sebesar 6,02%, kemudian di awal tahun ini tumbuh 11,17%. Menurut Robert, hal ini salah satunya terjadi karena pemerintah tidak melakukan aktivitas ijon atau pemungutan setoran pajak awal tahun yang dilakukan lebih cepat untuk mengamankan penerimaan pajak akhir tahun (ijon).

“Desember 2017 kami tidak meminta ada percepatan pembayaran dari wajib pajak (WP). Sehingga, jumlah pajak yang harus dibayar pada Januari itu terbayar (ijon). Ini membuat pertumbuhan pada Januari cukup tinggi,” katanya di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (20/2).

Robert menambahkan, faktor lain yang mempengaruhi peningkatan penerimaan pajak adalah denyut ekonomi di Januari 2018 juga cukup baik. Sehingga, pertumbuhan penerimaan pajak pada Januari 2018 cukup menggembirakan dibanding tiga tahun ke belakang.

Sementara, kebijakan Kemenkeu dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 165 tahun 2017 masih belum terasa berkontribusi pada penerimaan. Beleid ini memberikan kesempatan kepada WP yang memiliki harta yang belum disampaikan kepada fiskus karena tidak dilaporkan. Jika sebelum diterbitkan Surat Perintah Pemeriksaan (SP2) secara sukarela, harta itu diungkapkan oleh WP sendiri, maka WP tersebut tidak kena denda.

Sumber : detak.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: