Finalisasi Revisi Pajak Sedan Rampung Satu Bulan Lagi

Untuk menggairahkan kembali pasar mobil sedan di Indonesia yang sedang terpuruk lantaran harga jual tinggi, Kementerian Perindustrian (Kemperin) telah mengusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemkeu) untuk merevisi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan.

Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto memaparkan, saat ini usulan revisi PPnBM mobil sedan masih terus dibahas bersama stakeholder terkait, dan diharapkan sudah masuk tahap final dalam satu buln ke depan.

“Saat ini sedang dibahas, masih terus dikoordinasikan. Kita tunggu saja, mungkin dalam satu bulan ini sudah bisa difinalisasikan,” kata Menperin, di acara serah terima mobil listrik dari Mitsubishi Motors, di Jakarta, Senin (26/2).

Seperti diketahui, PPnBM untuk sedan masih dipatok sebesar 30 persen, sementara mobil penumpang 4×2 seperti MPV (Multi-Purpose Vehicle) dengan kapasitas mesin sama hanya terkena PPnBM 10 persen.

Menperin mengatakan skema PPnBM yang ada saat ini dikembangkan pada tahun 1980-an, di mana ketika itu pemerintah sedang mendorong produksi kendaraan di Indonesia dalam bentuk MPV dan SUV, sehingga kedua jenis mobil tersebut mendapatkan insentif pajak. Selanjutnya, insentif juga diberikan untuk kendaraan-kendaraan ramah lingkungan.

“Ke depannya itu, sedan bukan lagi barang mewah. Makanya PPnBM sedan akan dievaluasi, apalagi ekspornya kan besar. Dengan bea masuk dan PPnBM yang lebih rendah, tentunya akan lebih banyak keluarga Indonesia yang bisa membeli, dan juga akan mendorong ekspor,” kata Airlangga.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: