IMF: Waspadai Ketidakpastian Ekonomi

DIREKTUR Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde meminta negara-negara ASEAN mewaspadai ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Kewaspadaan mesti ada, walau menurut Lagarde, negara-negara ASEAN telah membangun fondasi ekonomi yang lebih kuat. Hal itu dikatakan Lagarde, melihat bagaimana negara-negara ASEAN telah berhasil mengatasi krisis keuangan global dan “tapertantrum” pada tahun 2013.

“Itu berita baiknya. Memang sebagian besar negara di kawasan ini telah memperbaiki kerangka kebijakan mereka,” kata Lagarde di acara High-Level International Conference di Jakarta, Selasa (27/2).

Lagarde mengatakan, perbaikan termasuk langkah ASEAN pengadopsian target inflasi, seperti dilakukan Indonesia, Filipina dan Thailand. Kebijakan fiskal yang lebih kuat juga dilakukan Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Secara lebih luas, dia bilang, perbaikan juga melibatkan penguatan kebijakan keuangan dan memungkinkan fleksibilitas nilai tukar.

Namun volatilitas pasar keuangan baru-baru ini menjadi pengingat bahwa transisi ekonomi sedang berlangsung. Hal itu membuat kebijakan di seluruh dunia, termasuk ASEAN, mempersiapkan langkah normalisasi moneter secara bertahap. “Kami sudah tahu untuk beberapa waktu bahwa ini akan datang, tetapi tetap tidak pasti bagaimana sebenarnya hal itu berpengaruh,” ujarnya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: