Ini Lho 9 Alasan Orang Lebih Suka Menyimpan Dana di Singapura

https: img.okeinfo.net content 2017 12 26 320 1835893 ini-lho-9-alasan-orang-lebih-suka-menyimpan-dana-di-singapura-hxV9S69HRp.jpg

Singapura merupakan negara tetangga Indonesia yang dikenal sebagai salah satu pusat bisnis dunia, khususnya Asia. Tak heran bila banyak orang berbondong-bondong untuk berinvestasi dan menempatkan dananya di sana.

Sebagai negara favorit para pemilik modal, tak tanggung-tanggung, jumlah dana yang disimpan di Singapura jumlahnya mencapai ribuan triliun. Bahkan perusahaan konsultan manajemen multinasional McKinsey pernah menyebutkan dana para orang kaya Indonesia yang ditempatkan di Singapura mencapai sekitar USD200 miliar atau setara Rp2.600 triliun.

Tentu jumlah sebesar itu bukan hanya berupa aset bergerak, seperti deposito, saham, surat berharga, dan lainnya, tapi juga berupa asset tak bergerak berupa property dan lainnya.

Oleh sebab itu, Indonesia menerapkan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) pada Juli 2016 hingga Maret 2017, dengan harapan orang-orang yang menyimpan dananya di luar negeri dibawa pulang ke Tanah Air dan mendeklarasikan hartanya.

Padahal, bila dana sebesar itu diinvestasikan di negeri sendiri, dampak positifnya akan bisa dirasakan untuk kemajuan perekonomian bangsa Indonesia. Namun, yang cukup menggelitik dan tanda tanya besar adalah mengapa orang kaya Indonesia lebih suka menaruh dananya di Singapura?

Tentu kenyataan ini menjadi pertanyaan dalam benak kita. Di satu sisi mungkin inilah saatnya Indonesia belajar dari negara tetangga sendiri bagaimana cara yang paling tepat untuk menarik para pemilik dana untuk memutar uangnya di Tanah Air. Lalu, apa sebenarnya alasannya Singapura jadi tempat favorit dan surga para milyader untuk menempatkan dananya? Berikut beberapa alasannya seperti yang telah dihimpun, diantaranya:

  1. Situasi Politik yang Aman dan Stabil jadi Daya Tarik

Situasi politik tentunya memengaruhi berbagai hal termasuk keamanan dan kenyamanan di suatu negara. Terlebih lagi bagi para pemilik dana yang melimpah itu, tentunya mereka membutuhkan dan mencari tempat yang dirasa nyaman untuk investasinya.

Dan dibanding beberapa negara lain, situasi politik di Singapura relatif lebih aman dan stabil. Sehingga pemilik dana merasa nyaman mempercayakan penempatan dananya di negara itu. Tak dipungkiri, selama ini pemerintah Singapura memberikan jaminan iklim politik yang aman dan stabil tersebut.

  1. Jaminan Sistem Pengawasan yang Kuat

Singapura juga dikenal dengan sistem pengawasannya yang kuat dari para pembuat kebijakan alias regulator. Sehingga tingkat kepercayaan terhadap pemerintah juga cukup baik dan dipandang kredibel. Tentu hal ini membuat para pelaku pasar keuangan di Singapura juga relatif terhindar dari tindak kecurangan atau penipuan (fraud) yang merugikan. Sehingga, aset para pemilik modal yang ditempatkan atau diinvestasikan di Singapura tersebut relatif lebih aman. Sehingga mereka merasa terlindungi secara maksimal.

  1. Punya Pengalaman Mengatasi Krisis dengan Baik

Krisis ekonomi yang terjadi di suatu negara umumnya dimulai dari terjadinya krisis pada sektor keuangan. Dalam kondisi krisis tersebut, maka pemilik modal juga akan menjauh, yang berakibat pada semakin sulitnya lapangan pekerjaan, hingga pengangguran dan kemiskinan meningkat. Itulah salah satu gambaran buruk dari krisis keuangan yang berpengaruh pada krisis ekonomi secara keseluruhan, yang bisa memicu ketakutan di kalangan para pemilik dana atau investor. Dan Singapura terbukti mampu melewati berbagai krisis dengan baik. Pengalaman Singapura dalam menangani dan mengelola krisis tersebut telah diakui oleh para manajer investasi di berbagai negara. Sehingga para pemilik dana ini menaruh kepercayaan di negara ini.

 

  1. Teknologi dan Infrastruktur yang Baik

Dalam pemeringkatan terbaru, Pricewaterhouse Cooper (PwC)menempatkan Singapura sebagai satu-satunya kota di Asia Pasifik yang menjadi hub (pusat penghubung) industry keuangan. Bahkan dia didapuk menjadi negara nomor 2 dunia sebagai pusat keuangan setelah London. PwC juga mencatat bahwa keunggulan yang dimiliki Singapura dibanding negara di Asia Pasifik lainnya juga karena teknologi dari sistem transportasi dan infrastruktur yang cukup baik. Mulai dari kecepatan dalam mengakses internet, infrastruktur transportasi, kemudahan berbisnis, dan lainnya sudah tidak diragukan lagi di negara ini.

  1. Tarif Pajak yang Rendah

Kendai bukan alasan utama, namun tarif pajak yang relatif lebih rendah dibanding negara-negara lainnya juga ikut andil menjadi daya tarik orang untuk menempatkan dananya di Singapura. Untuk tarif Pajak Penghasilan (PPh) Badan saja, di Singapura hanya sebesar 17%, sedangkan Indonesia masih di 25%. Tentu ini jauh lebih tinggi bila dibandingkan tarif pajak Singapura dan beberapa negara lain seperti Hong Kong yang 16,6% dan Swiss yang 17,92%, serta beberapa negara lain.

  1. Industri Perbankan yang Kuat

Alasan lainnya yang membuat para pemilik dana lebih suka menempatkan investasinya di Singapura juga karena industri perbankannya yang dikenal cukup kuat dan mapan. Singapura juga dikenal lebih beroengalaman dalam mengelola aset investasi yang semakin menarik minat para investor dari berbagai negara, seperti deposito mata uang asing berbiaya murah dan bunga yang kompetitif. Selain itu, perbankan di Singapura juga memiliki banyak fitur-fitur yang menguntungkan bagi para nasabahnya. Seperti akses transfer secara bebas sepanjang waktu dan bersifat global, masuk ke pasar eksklusif, diversifikasi portofolio yang kuat, dan fasilitas penyimpanan multi mata uang.

  1. Investasi Properti Menjanjikan

Kendati lahan di Singapura relatif sangat terbatas, perkembangan properti di Singapura cukup tinggi, karena kebutuhan properti terus meningkat dan permintaan terus naik tajam. Bahkan investasi sektor properti di Singapura pun sangat menjanjikan dengan keuntungan yang cukup tinggi.

  1. Pasar Keuangan yang Terpercaya

Selain properti, Singapura juga menawarkan investasi di sektor pasar keuangan dan pasar modal yang tak kalah menggiurkan. Bursa saham dan obligasi di Singapura dipercaya menjadi patokan pasar saham di Asia. Produk pasar keuangan yang mereka tawarkan cukup bervariatif dan memberikan banyak pilihan bagi para investor untuk menginvestasikan dananya. Selain produknya yang variatif, izinnya pun cukup mudah dan modal yang diperlukan tidak terlalu besar.

  1. Kepastian Hukum

Dari semua faktor yang menjadikan Singapura sebagai negara tujuan untuk para pemilik modal menempatnya dananya, kepastian hukum di negara itu juga patut diacungi jempol. Kepastian hukum merupakan salah satu daya tarik tersendiri untuk orang memutuskan untuk berinvestasi. Mereka akan berpikir jangan sampai masalah ketidakpastian hukum ini menganggu investasinya kelak.

Percayakan Dana di Negeri Sendiri untuk Membangun Indonesia

Sekalipun kita dapati fakta-fakta mengenai Singapura, bukan berarti perbankan, pasar keuangan dan pasar modal Indonesia tak kalah menarik dan menggiurkan. Tentunya Indonesia juga akan terus berbenah, sehingga mampu mengundang para pemilik dana, baik dalam negeri maupun luar negeri untuk menanamkan investasinya di Indonesia, menjadikan Nusantara lebih baik lagi.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: