Ditjen Pajak Dan IKPI Teken MoU Sosialisasi Perpajakan

Ditjen Pajak Dan IKPI Teken MoU Sosialisasi Perpajakan

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ketua Umum Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) menandatangani MoU sosialisasi, edukasi dan peningkatan peran profesi konsultan pajak dalam turut serta membangun kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang perpajakan.

Kalau dibanding dengan Jepang, Australia atau negara maju lainnya, jumlah konsultan pajaknya jauh di atas Indonesia, padahal wajib pajak di negara itu jumlahnya di bawah Indonesia.

“Idealnya jumlah konsultan pajak kita lebih banyak lagi,” ujar Robert

Menurut Robert, DJP bekerjasama dengan IKPI dalam rangka memaksimalkan sosialisasi mengenai perpajakan terhadap masyarakat luas. Tujuan sosialisasi itu tidak lain adalah untuk meningkatkan penerimaan perpajakan serta membangun kesadaran di kalangan para wajib pajak (WP).

“Kerjasama ini juga untuk meningkatkan peran konsultan pajak dalam hal kepatuhan masyarakat serta peningkatan aktivitas organisasi profesi para konsultan pajak,” sebut Robert.

Dalam perjanjian kerjasama ini, disepakati sejumlah poin, yaitu penyediaan narasumber pendidikan formal perpajakan, sosialisasi ketentuan perundang-undangannya, pemberian layanan informasi hingga bimbingan perpajakan, serta membentuk program bersama mendorong kepatuhan sukarela masyarakat.

Cara yang dapat ditempuh antara lain mengadakan forum komunikasi hingga pertemuan rutin yang melibatkan DJP dan IKPI.

“Pertemuan rutin itu juga untuk koordinasi, evaluasi, dan menyamakan persepsi dalam implementasi aturan perpajakan,” ucap Robert.

Secara garis besar, dengan perjanjian tersebut, maka konsultan pajak dipastikan menjadi mitra DJP untuk memaksimalkan penerimaan pajak tiap tahunnya.

Sementara, Ketua IKPI Mochamad Subakir menyambut baik kerjasama ini, dan menjamin akan mendukung poin-poin perjanjian dengan DJP,  terutama mendorong masyarakat lebih sadar pajak.

Sumber : rmol.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: