Jika Pajak Turun, Sedan Akan Bergairah Kembali?

Audi A5

Untuk terus meningkatkan penjualan model sedan di Indonesia, pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk menurunkan pajak sedan. Dengan status tidak lagi menjadi barang mewah, dipercaya bakal meningkatkan penjualan, serta merembet hingga produksi dan ekspor sedan dari Tanah Air.

Lalu, dengan penurunan pajak ini, bisa berapa persen meningkatkan pangsa pasar sedan di Indonesia?

Seperti dijelaskan Jonas Chendana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM), distributor resmi Audi di Tanah Air, pihaknya masih membuat perencanaan dengan pajak sedan yang belum turun. Pasalnya, penurunan pajak sedan ini belum jelas kapan keluar, dan berapa besaran penurunan pajak tersebut.

“Sebenarnya saya tidak ingin komentar dahulu, karena belum jelas. Lebih cenderung mengamati, dan berpikir tidak turun dahulu. Karena kalau sudah dihitung, turunnya tahun depan, planning tahun ini kacau,” jelas Jonas saat berbincang dengan Liputan6.com, di BSD, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjut Jonas, jika melihat peluang sedan dengan rencana penurunan pajak ini masih belum terpetakan dengan jelas. Dengan pajak turun, pastinya harga sedan bakal lebih menarik.

“Kita lihat dari sisi mana, karena di pasar global SUV sedang meningkat dan sedan turun. Saya percaya, tren global bakal ke Indonesia. Jadi, mendongkrak lagi penjualan sedan (penurunan pajak) atau tidak, saya tidak berani berbicara naik signifikan,” tambahnya.

Namun, Jonas memang tidak menampik, jika penurunan pajak sedan dan bakal menurunkan harga sedan, bakal membuat model ini dilirik kembali di pasar otomotif nasional.

“Contoh, misalkan sedan dahulu menyumbang 60 persen di pasar otomotif, kini hanya 35 persen. Dengan penurunan pajak, tidak langsung balik ke 60 persen. Kalau ada yang berubah, ya ada,” pungkasnya.

Sumber :  liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: