Trump Berkicau di Twitter Usai Umumkan Pengenaan Tarif Impor Baja

Beri Penghormatan Korban Penembakan Massal, Donald Trump Sambangi Florida

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menulis pesan di twitter usai mengumumkan rencana pengenaan tarif atas impor baja dan aluminium. Trump menilai kalau “perang dagang baik dan mudah untuk menang”.

Pada Kamis waktu setempat, Trump mengatakan kalau AS akan menerapkan bea masuk sebesar 25 persen untuk baja impor dan 10 persen untuk aluminium. Langkah ini dilakukan untuk melindungi produsen AS. Akan tetapi, pejabat Gedung Putih juga akan menyampaikan rincian hal tersebut.

“Ketika sebuah negara (AS) kehilangan banyak miliaran dolar AS untuk perdagangan dengan hampir setiap negara yang melakukan bisnis dengannya, perang dagang bagus dan mudah untuk menang,” tulis Trump dalam akun twitternya, Jumat (2/3/2018).

“Misalnya, ketika kita turun US$ 100 miliar dengan negara tertentu, dan mereka menjadi “cute” jangan berdagang lagi, kita menang besar, mudah,” tambah dia.

Ketakutan akan perang dagang memicu aksi jual di bursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street dan Asia, serta Eropa. Sentimen tersebut memukul saham produsen baja dan produsen yang memasok pasar AS.

Donald Trump percaya kalau pengenaan tarif akan melindungi AS terutama di sektor tenaga kerja. Akan tetapi, banyak ekonom mengatakan dampak kenaikan harga bagi pengguna baja dan aluminium antara lain industri otomotif dan minyak. Ini akan lebih banyak hancurkan pekerjaan ketimbang pembatasan impor.

Menteri Perdagangan Australia menuturkan, langkah-langkah itu berisiko memicu pembalasan dari negara lain. Ini menyebabkan biaya kerja.

Sedangkan China memperkirakan akan membahayakan perdagangan jika negara lain ikuti AS. Di Brussel, Komisi Eropa menyebutkan langkah tersebut sebagai intervensi terang-terangan menyangkut proteksionisme. Rencananya Komisi Eropa akan bergabung dengan negara lain untuk menantang langkah tersebut di WTO.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: