PNPB Sektor Energi Tahun Ini Berpotensi Naik Akibat Harga Minyak

Kementerian ESDM

Salah satu penyebab PNBP naik adalah peningkatan harga minyak.

Penerimaan Negara Bukan Pajak/PNBP sektor Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM tahun ini berpotensi meningkat. Penyebabnya adalah kenaikan harga beberap komoditas, seperti minyak bumi.

Menurut data Kementerian ESDM, sejak Juni 2017 harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) terus meningkat hingga Januari 2018. Juni 2017, ICP hanya US$ 43,7% dan mencapai titik tertinggi di Januari 2018 sebesar US$ 65,6 per barel.

Namun per Februari 2018, ICP turun dari periode Januari ke level US$ 61,61 per barel. Meski begitu, angka itu masih lebih tinggi dibandingkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/APBN 2018, ICP dipatok US$ 48 per barel.

Berdasarkan kalkulasi awal saat penyusunan APBN 2018 lalu, setiap kenaikan rata-rata US$ 1 per barel ICP, PNBP migas berpotensi meningkat sekitar Rp. 3,1 triliun (ceteris paribus). Jadi itu bisa terjadi apabila asumsi yang berpengaruhnya lainnya dianggap tetap.

Atas dasar itu, PNBP migas tahun ini berpotensi naik dibandingkan rencana dalam APBN 2018. “Pemerintah akan terus monitor dan mengantisipasi perkembangan tersebut,” dikutip dari situs Kementerian ESDM, Senin (5/3).

Adapun total penerimaan sektor ESDM termasuk pajak migas pada tahun 2018 direncanakan mencapai Rp. 158,4 triliun. Penerimaan sektor ESDM tersebut belum termasuk penerimaan dari perpajakan minerba, dan penerimaan sewa dan jasa lainnya. Adapun PPh migas sebesar Rp. 38,1 triliun.

Dari Rp 158,4 triliun itu, sekitar Rp. 120,3 triliun merupakan PNBP. Angka itu sama dengan 44% PNBP nasional tahun ini.

Jika dirinci, PNBP itu terdiri dari sektor migas sebesar Rp. 86,5 triliun. Kemudian PNBP mineral dan batubara minerba Rp. 32,1 triliun, panas bumi sebesar Rp. 0,7 triliun dan penerimaan lainnya sekitar Rp. 1 triliun.

Sumber : katadata.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: