Uni Eropa akan Umumkan Rencana Pajak Perusahaan Digital

Menlusuri google. Ilustrasi

Uni Eropa akan mengumumkan rencana penerapan pajak terhadap perusahaan raksasa teknologi digital antara 2-6 persen. Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Perancis, Le Journal du Dimanche.

“Rencana Eropa ini akan diungkapkan dalam beberapa minggu mendatang. Ini akan menjadi langkah yang cukup besar, dengan rentang tarif (pajak) antara 2 sampai 6 persen,” ujar Le Maire, Ahad (4/3).

Le Maire mengatakan, tarif pajak ini merupakan langkah awal. Nantinya, Pemerintah Eropa akan terus menyempurnakan kebijakan tersebut dan tetap berdiskusi lebih lanjut dengan pelaku usaha terkait.

“Menurut saya teks akan diimplementasi dengan cepat dengan negosiasi yang tanpa henti. Kami akan menyempurnakannya nanti,” kata Le Maire.

Sebuah draft dokumen Komisi Eropa mengusulkan sebuah retribusi berdasarkan persebaran pelanggan atau konsumen yang menggunakan aplikasi dari raksasa teknologi. Dokumen ini bertujuan untuk meningkatkan tagihan pajak perusahaan seperti Amazon.com, Alfabet, Google, dan Facebook.

Komisi Eropa menilai raksasa teknologi tersebut membayar pajak terlalu kecil dan tidak sesuai dengan pendapatannya. Dokumen Komisi Eropa ini dinilai akan tidak memberikan keuntungan kepada negara-negara dengan pajak rendah seperti Luxembourg dan Irlandia.

Italia, Jerman, Spanyol, dan Perancis menjadi ujung tombak untuk mendorong reformasi pajak. Mereka menghadapi perlawanan dari negara-negara kecil seperti Irlandia yang merupakan pusat investasi perusahaan teknologi. Reformasi pajak ini dikhawatirkan akan melukai perekonomian negara-negara kecil tersebut.

Sumber : republika.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: