Ketergantungan Susu Impor Harus Dikurangi, Begini Caranya

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menilai produksi susu sapi segar di Indonesia masih berjalan stagnan, seiring kondisi peternakan sapi perah yang cukup memprihatinkan.

Hal ini membuat susu perah sapi rakyat memiliki kualitas rendah dan Indonesia bergantung pada susu impor dari Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Eropa.

Selama ini, setidaknya 3,7 juta ton kebutuhan bahan baku susu segar dalam negeri. Tapi dari jumlah tersebut, hanya 852.000 ton atau 23% bahan baku yang berasal dari dalam negeri. Sedangkan sisanya 2,8 juta ton atau 77% masih mengandalkan bahan baku impor.

Jumlah produksi dalam negeri tersebut, tersebut berasal dari 267 ekor populasi sapi laktasi dari total populasi sapi perah di Indonesia mencapai 533.000 ekor dengan produktivitas 8 liter-12 liter per ekor setiap harinya.

Menurutnya, mayoritas peternak masing-masing hanya memiliki 2 ekor-3 ekor sapi, sehingga masih bersifat subsisten dan belum berorientasi industri agribisnis.

“Harga susu segar di tingkat peternak masih rendah sehingga belum menarik peternak membudidayakan sapi perah dan memilih beternak sapi potong,” tutur Airlangga di Kecamatan Wlingi, Kabupatèn Blitar, pada Selasa (6/3/2018).

Permasalahan itulah yang menurut Airlangga membuat produksi susu sapi segar di Indonesia berjalan stagnan sehingga bergantung pada susu segar impor.

“Ketergantungan impor susu ini harus kita kurangi dan diantisipasi supaya bisa mewujudkan kemandirian ekonomi dan menggerakkan sektor strategis pada ekonomi domestik sebagaimana diamanatkan Nawa Cita Bapak Presiden,” ujarnya.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas susu sapi perah melalui program kemitraan antara industri pengolahan susu dengan peternak dan pengembangan susu sapi perah modern yang terintegrasi.

“Kita targetkan industri pengolahan susu dengan sumber bahan bakunya akan terintegrasi secara modern. Targetnya, suplai bahan baku susu di tahun 2022 meningkat menjadi 41% dari sebelumnya 23%,” pungkasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: