Permudah Masuk Tenaga Asing, Syarat Rekomendasi Dihapus

Jakarta. Pemerintah memutuskan untuk memangkas proses perizinan bagi warga negara asing (WNA) yang mau bekerja di Indonesia. Agar para tenaga kerja asing (TKA) itu bisa lebih mudah masuk, maka pemerintah akan menghilangkan syarat adanya rekomendasi teknis dari kementerian terkait.

Sebelumnya rekomendasidari kementerian teknis diperlukan dalam penerbitan izin kerja tenaga kerja asing oleh Kementerian Tenagan Kerja.

Menteri Koordinasi Bidang Ekonomi Darmin Nasution usai Rapat Terbatas tentang TKA di Komplek Istana Negara mengatakan, penghapusan dilakukan karena selama ini hal itu menghambat proses pengurusan izin kerja tenaga kerja asing. Dengan penghapusan ini maka nantinya, syarat rekomendasi kerja tidak diperlukan lagi.

Syaratnya hanya perlu diurus di Kementerian Tenaga Kerja saja. “Selain itu, pengajuan tenaga kerja asing (RPTKA) agar prosesnya lebih cepat, juga akan disatukan,” katanya Selasa (6/3).

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, walau ada kemudahan, namun pemerintah tetap memberikan rambu-rambu bagi TKA. Menurutnya, orang asing yang nantinya diberikan kemudahan mengurus izin kerja hanya yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan yang akan beroperasi di Indonesia.

Penyederhanaan proses izin kerja bagi Presiden Jokowi dalam rapat di kantornya, Selasa (6/3) sore. Presiden mengaku menerima banyak keluhan soal izin TKA yang saat ini masih berbelit-belit. Selain keluhan itu, Presiden Jokowi bilang perusahaan pengguna jasa dan tenaga kerja asing sering mengeluhkan gangguan dan ketidaknyamanan bekerja di Indonesia.

Keluhan itu diperparah oleh kerja kementerian dan lembaga dalam menangani permasalahan. Menurut Presiden Jokowi, Kementerian Tenaga Kerja dan Ditjen Imigrasi kurang koordinasi menyelesaikan masalah tersebut. “Perbaiki koordinasi semua. Terapkan izin online,” katanya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: