DMO Batubara Menggerus Penerimaan Pajak & PNBP

Rencana pemerintah untuk mengenakan harga khusus pembelian batubara lewat skema domestic market obligation (DMO) oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan berdampak pada penerimaan negara. Selain akan menggerus penerimaan pajak, kebijakan yang dijalankan agar tarif listrik tidak naik itu juga akan menurunkan potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari perusahaan pertambangan nasional.

“Dari sisi perpajakan akan hilang, karena berarti perusahaan batubara diharuskan menjual dengan harga yang sama dengan kebijakan DMO. Hal ini berarti di bawah harga pasar. Maka pemerintah akan kehilangan penerimaan pajak dan dan PNBP. Kami juga sudah menghitung hal ini,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (6/3).

Namun Sri Mulyani tidak mau menjelaskan secara detail soal potensi jumlah penerimaan pajak dan PNBP yang akan hilang dari pemberlakuan harga batubara khusus tersebut. Hanya saja, Menkeu bilang, pemerintah memahami bahwa hal itu dibutuhkan seiring dengan kenaikan harga batubara. Sebab jika tidak maka kebutuhan subsidi ke PLN juga akan naik, Menurut Sri Mulyani hal ini telah dibicarakan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian BUMN.

“Karena ada kenaikan harga bahan bakar untuk listrik, PLN akan menghadapi situasi kenaikan kebutuhan subsidi. Kami sudah menghitung kebutuhan yang akan ditetapkan berdasarkan DMO untuk batubara,” ujarnya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: