Mendag Beri Sinyal Bakal Terapkan BMAD Baja dan Alumunium Impor

Kementerian Perdagangan berencana menerapkan Bea Masuk Anti-Dumping (BMAD) terhadap produk baja dan alumunium impor untuk mencegah membanjirnya komoditas itu masuk ke Indonesia.

Langkah tersebut dilakukan menyusul Amerika Serikat yang menetapkan bea masuk impor produk tersebut sebesar 25% untuk baja dan 10% untuk alumunium. Hal ini dinilai menyebabkan gejolak tatanan ekonomi dunia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan Kemendag telah mengirimkan surat resmi kepada Kementerian Perindustrian untuk merumuskan sekaligus merekomendasikan aturan BMAD baja dan alumunium.

“Menteri Perindutsrian yang akan menentukan yang anti dumping. Ini sedang diproses. Sudah kami kirim surat ke Kemenperin,” kata Enggar di Jakarta pada Rabu (7/3/2018).

Kebijakan AS, menurut dia, membuat negara eksportir baja akan mencari pasar baru untuk memasok produknya. Salah satu yang dikhawatirkan Mendag ialah membanjirnya produk baja dan alumunium dari China. Negara itu merupakan produsen terbesar baja mencapai 831,7 juta metrik ton per tahun.

Mendag mengaku kementerian harus lebih hati-hati dalam menghadapi potensi produk baja dan alumunium masuk ke Tanah Air. Pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan Bea Cukai untuk memperketat proses pemeriksaan.

Meski begitu, dia mengakui rencana tersebut ibarat buah simalakama. “Kalau saya kenakan bea masuk di sini [baja dan alumunium], industri hilir protes. Kalau tidak dikenakan bea masuk, industri hulu yang protes,” kata Enggar.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: