Pemangkasan Tarif PPh UKM Diketok Bulan Ini

Presiden Joko Widodo memastikan keputusan penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebesar 0,5% dari sebelumnya 1% segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Setiap saya turun ke bawah ini juga banyak dikeluhkan pajak UKM sebesar 1% final. Yang kecil-kecil yang selalu mengeluh, UKM kena 1%. Ini sudah kami rapatkan tiga kali dan insyallah nanti akhir bulan ini pajaknya akan kami turunkan dari 1% menjadi 0,5%,” papar Jokowi di Tangerang, Rabu (7/3/2018).

Dia menyebutkan sudah menawar penurunan PPh final bagi UKM supaya bisa turun lebih jauh di angka 0,2%. Sayangnya, usulan Jokowi ditolak oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang beralasan pemangkasan tarif PPh bagi UKM yang lebih rendah akan berpengaruh terhadap upaya penerimaan pendapatan pemerintah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013, tarif PPh final UKM ditetapkan sebesar 1%. PPh final untuk pajak UKM ini dibebankan kepada wajib pajak (WP) pribadi dan badan yang memiliki omzet usaha kurang dari Rp4,8 miliar dalam setahun.

Saat ini, pemerintah tengah merevisi PP tersebut. Sebelumnya dalam rapat terbatas, pemerintah setidaknya merilis empat insentif untuk memacu investasi di Indonesia yang salah satunya memuat mengenai penurunan tarif PPh final bagi UKM.

Beberapa waktu lalu, Sri Mulyani mengungkapkan selain revisi tarif PPh bagi UKM, akan ada pula perubahan ambang batas Pengusaha Kena Pajak (PKP). Namun, belum ada rincian berapa besaran penurunannya.

Revisi PP 46/2013 juga berkaitan dengan rencana pelonggaran tarif PPh final 1% bagi pelaku e-commerce non PKP. Dengan kebijakan tarif yang akan ditempuh, pedagang daring dalam negeri diharapkan bisa bersaing dalam bisnis daring yang cukup dinamis.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: