Ditjen Pajak Dukung Perbaikan Fungsi E-KTP

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mendukung usulan agar pemerintah mengevaluasi ulang fungsi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik ( e-KTP).

Sebelumnya, usulan itu disampaikan aktivis dan akademisi yang tergabung dalam Gerakan Antikorupsi Lintas Perguruan Tinggi.

“Kalau kami bicara data, kami bicara identitas. Makanya kami sangat mendukung pembenahan dari e-KTP ini. Untuk Ditjen Pajak, e-KTP fungsinya jadi sangat vital,” ujar Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan Informasi Ditjen Pajak Kemenkeu
Iwan Djuniardi di Gedung KPK Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Iwan menjadi salah satu perwakilan kementerian dan lembaga yang ikut berdiskusi di Gedung KPK.

Adapun, perwakilan lembaga lain yang juga hadir berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden dan Kementerian Pertahanan.

Menurut Iwan, penggunaan e-KTP seharusnya memudahkan Ditjen Pajak dalam mendapatkan profil wajib pajak. Namun, fungsi e-KTP saat ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Iwan mengatakan, perbaikan fungsi e-KTP hanya dapat terlaksana dengan bantuan dari berbagai instansi pemerintah.

“Kami sangat semangat. Bahkan kami sudah buat beberapa terobosan pemanfaatan e-KTP di Kemenkeu. Ini momen bersama untuk perbaikan lebih baik lagi dengan transparansi data kependudukan,” kata Iwan.

Para akademisi dari lintas perguruan tinggi menilai, pengusutan kasus korupsi pengadaan e-KTP adalah momentum yang tepat untuk mengembalikan tujuan pembuatan sistem data tunggal kependudukan.

Menurut para akademisi, kartu e-KTP yang saat ini digunakan sama sekali tidak memiliki manfaat. Bahkan, tidak ada bedanya dengan KTP lama.

Meski memakan anggaran besar, e-KTP yang digunakan sekarang menggunakan chip berkapasitas rendah dan sistem operasi yang tidak kompatibel untuk mendukung berbagai program pemerintah.

Misalnya, tidak bisa mendukung program perpajakan, program bantuan sosial seperti dana BOS dan bantuan kesehatan, serta tidak mendukung data pemilih dalam pemilu.

Sumber  : kompas.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: