Masyarakat Sebut Lapor SPT Online Lebih Mudah

https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 11 320 1871086 masyarakat-sebut-lapor-spt-online-lebih-mudah-tczpN8Rw8X.jpg

Sebagai wajib pajak, kita memiliki kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan setiap tahunnya. Jangka waktu pelaporan SPT Tahunan adalah sampai dengan 31 Maret untuk Wajib Pajak Orang Pribadi dan 30 April untuk Wajib Pajak Badan.

Penyampaian pelaporan SPT Tahunan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain disampaikan secara langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), SPT Tahunan juga dapat disampaikan dengan cara mengirimkan lewat jasa pos/ekspedisi, lapor online melalui website https://djponline.pajak.go.idatau melalui Aplication Service Provider (ASP).

Jika penyampaian SPT Tahunan dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP), WP hanya perlu membawa formulir SPT Tahunan yang telah diisi dengan benar, lengkap, dan jelas. Kemudian formulir tersebut diserahkan secara langsung ke petugas pajak pada KPP. WP akan mendapatkan tanda terima pelaporan SPT Tahunan yang telah dilaporkan tersebut. Bukti pelaporan SPT Tahunan disimpan jika suatu waktu dibutuhkan.

Pelaporan SPT Tahunan secara online melaluie-filing maupun e-form merupakan cara penyampaian SPT yang cocok untuk Anda yang sibuk. Tidak punya waktu luang untuk datang langsung ke KPP? Tenang… Anda dapat melaporkan SPT Tahunan secara online melalui laman https://djponline.pajak.go.id.

Semua dapat mengakses laman tersebut kapan saja dan di mana saja. Hanya membutuhkan koneksi internet, sehingga wajib pajak tidak perlu repot-repot untuk mengantri di KPP. Laman websitehttps://djponline.pajak.go.id dapat diakses melalui PC, handphone, maupun tablet yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Mungkin bagi masyarakat generasi 80-an ke bawah beranggapan bahwa lapor pajak secara cara online lebih sulit. Padahal, lapor melalui e-filing itu sangatlah mudah. Semudah mengirimkan chatting ke orang lain. WP hanya perlu login dan mengisi formulir yang tersedia sesuai dengan profil masing-masing WP. Untuk lapor secara online melalui e-filing, wajib pajak memerlukan nomor Electronic Filing Identification Number(e-FIN) yang bisa didapatkan dengan datang langsung ke KPP. Setelah mempunyai EFIN, wajib pajak melakukan aktivasi akun kemudian isi formulir SPT yang tersedia. Mudah bukan?

Lalu bagaimanakah tanggapan masyarakat yang sudah melakukan kewajiban perpajakannya?

  1. Okitaro Ginting (26) PNS

Sudah dong. Saya bayar sebelum akhir bulan ini atau sebelum waktunya habis. Walaupun banyak yang bilang nanti akan diperpanjang lagi tapi saya melakukan dari sekarang. Karena apa? Karena saya tidak mau nantinya malah jadi lupa.

Kebetulan saya melakukan pelaporan melalui online dan ini sudah jadi tahun ke 2 saya melakukan pelaporan SPT. Saya juga telah memiliki e-fin sejak tahun lalu. Menurut saya awalnya dulu memang sulit tapi karena sudah pernah mencoba jadi sudah lebih mudah. Cepet lagi. Saya bisa lapor dari kantor enggak perlu ngantri di kantor pajak.

  1. Desy (26) Pegawai Swasta

Saya sudah lapor SPT minggu lalu. Padahal udah lama mau lapor tapi baru sempat minggu lalu. Tapi enggak apa-apalah dari pada telat.

Menurut saya sistem online jadi lebih gampang sih. Cepet juga enggak perlu antri kayak di kantor pajak.

  1. Sela (24) Pegawai Swasta

Sudah dong. Dari awal bulan Maret saya sudah lapor. Ini kedua kali saya melakukan pelaporan dengan online.

Menurut saya ini lebih mudah dan simpel karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Saya waktu itu lapor malem-malem.

Saya juga bangga sudah lapor kewajiban perpajakan maka saya posting juga di instagram story saya mengajak teman-teman saya agar tidak lupa lapor SPT.

  1. Juan (27) Pegawai Swasta

Saya sudah lapor SPT dan kebetulan saya memilih dengan cara online karena saya tidak sempat ke kantor pajak. Belum lagi nanti antrinya.

Ya awalnya menurut saya kok agak repot sih kalau online. Tapi setelah sekali saya coba eh sekarang jadi sudah bisa. Ya paling kalau jaringan internentnya lagi bermasalah harus berulang-ulang. Itu saja sih kendalanya. Tapi sejauh ini oke dan baik-baik saja dengan sistem online.

 

Sumber  : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: