Pemerintah Stimulasi Kesadaran WP

Pemerintah Stimulasi Kesadaran WP

Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan para wajib pajak (WP) besar yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Wajib Pajak Besar. Para pengusaha menilai apresiasi itu akan membuat WP semakin bersemangat membayar pajak.

Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan, mengatakan dukungan seperti ini penting mengingat para wajib pajak yang terdaftar di KPP di lingkungan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar adalah wajib pajak yang berskala besar sehingga permasalahan yang dihadapi juga seringkali sangat kompleks.

“Semoga dengan penghargaan seperti ini, para wajib pajak dapat lebih bersemangat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya serta berkontribusi dengan lebih baik di tahun 2018 dan menjadi penyemangat bagi para wajib pajak lain untuk bisa mendapatkan penghargaan yang sama nanti pada 2019,” ujar Robert, di Jakarta, Selasa (13/3).

WP yang mendapatkan penghargaan 31 wajib pajak, yaitu lima wajib pajak KPP Wajib Pajak Besar Dua, 6 (enam) wajib pajak dari masing-masing KPP Wajib Pajak Besar Satu dan KPP Wajib Pajak Besar Tiga dan 14 (empat belas) wajib pajak dari KPP Wajib Pajak Besar Empat yang mendapatkan penghargaan atas kontribusinya dalam pencapaian target penerimaan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar pada 2017.

Selain kontribusi besar, penghargaan juga diberikan dengan pertimbangan para WP itu patuh terhadap peraturan perpajakan. Pada 2017, besarnya realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Wajib Pajak Besar mencapai 361,84 triliun rupiah. Pada 2018, target penerimaan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar sebesar 432,37 triliun rupiah yang berarti tumbuh 19,54 persen dibanding realisasi 2017.

Pencapaian target penerimaan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar pada 2018 akan mendukung 30,33 persen target nasional, yaitu sebesar 1.424 triliun rupiah. Pada 2018, Kanwil DJP Wajib Pajak Besar juga berencana untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak ketiga terutama untuk pertukaran data. integrasi data perpajakan yang sudah dimulai dengan wajib pajak BUMN juga akan menjadi agenda prioritas untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak.

Timbulkan Kepercayaan

Para pengusaha menyambut positif apresiasi dan penghargaan oleh pemerintah. Pengusaha Sofjan Wanandi menyatakan dibutuhkan keterbukaan antara aparat pajak dan WP, khususnya para pengusaha, sehingga akan timbul kepercayaan atau trust. Konflik yang sebelumnya sering timbul juga diyakini akan berkurang apabila komunikasi antara pengusaha dan pejabat dan petugas pajak berjalan baik.

“Memang kita perlu komunikasi yang lebih baik. Kita perlu sebelum ada sosialisasi peraturan baru, kalau bisa pengusaha juga diajak bicara. Jangan sampai ada misunderstanding,” katanya.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menegaskan pemberian apresiasi itu sebagai bentuk peningkatan komunikasi dengan para pengusaha. Langkah itu diharapkan dapat memantau perkembangan ekonomi secara lebih riil dan aktual.

“Pantauan dari indikator pajak, ekspor, impor, itu memberikan berbagai macam masukan agar kita terus selalu mereform dan memperbaiki policy kita,” ujar Menkeu.

Sumber : Koran-jakarta.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: