SPT E-Filing Kurang Bayar Pajak, Begini Solusinya

Pajak

Dalam rangka pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh), ada Wajib Pajak (WP) yang akan berhadapan pada status kurang bayar saat mengisi SPT pajak online menggunakan e-Filing. Jangan panik, ada langkah mudah bagi WP untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Konsultan Pajak dari Citas Konsultan, Aldonius menjelaskan SPT Kurang Bayar artinya adalah laporan pajak yang dibuat oleh WP untuk suatu periode di mana di dalamnya tercantum besaran pajak yang harus disetorkan oleh WP tersebut.

“Besaran pajak tersebut harus disetorkan terlebih dahulu sebelum WP melaporkan SPT pajak Kurang Bayar ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP),” kata dia dalam Konsultasi Pajak oleh Liputan6.com, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Sebagai contoh kasus apabila WP A memperoleh penghasilan dari dua perusahaan, maka A harus menjumlahkan penghasilan neto yang A peroleh dari kedua perusahaan tersebut pada saat melaporkan SPT PPh Orang Pribadi, dikurangi dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), kemudian dihitung ulang PPh terutangnya dan dikurangi dengan kredit pajak PPh Pasal 21 yang tercantum di bukti potong 1721-A1 yang diperoleh dari kedua perusahaan tersebut, sehingga akan diperoleh PPh Kurang (Lebih) Bayar.

Secara umum, apabila A mendapatkan dua bukti potong 1721-A1 dari dua perusahaan akan terdapat pajak yang kurang dibayar. Hal ini dapat terjadi karena pada saat A menggabungkan penghasilan neto dari dua perusahaan pengurangnya hanyalah satu PTKP.

Bisa juga terjadi pada saat bekerja di masing-masing perusahaan penghasilan A belum melebihi lapisan Penghasilan Kena Pajak (PKP) yang pertama, sehingga masih dikenakan tarif 5 persen. Namun, setelah digabungkan, lapisan PKP A naik ke lapisan kedua sehingga dikenakan tarif 15 persen.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: