Mengejar 8 Juta SPT Dalam Dua Minggu

JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) mencatat: dari total target 14 juta wajib pajak, baru 6,1 juta wajib pajak (WP) menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak penghasilan (PPh) 2017 sampai Jumat (16/3).

Itulah sebabnya, jelang deadline 31 Maret 2017, kantor pajak menjemput bola hingga ke jalanan demi mengejar target target wajib pajak dalam penyerahan SPT tahunan orang pribadi. Minggu (18/3) lalu, semisal, Ditjen Pajak membuka layanan kilat saat pelaksanaan Car Free Day di lapangan parkir antara Wisma Mandiri dan Hotel Pan Sari Pacific, Thamrin, Jakarta. Selain soal pelaporan SPT, WP juga bisa mendapatkan pelayanan konsultasi pajak, asistensi e-filing, create kode billing, aktivasi EFIN dan cetak ulang kartu nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengatakan acara ini tak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota lainnya secara serentak. “Kami kampanye kecil kewajiban pelaporan SPT pajak orang pribadi, batas waktunya 31 Maret 2018. Untuk SPT baik orang pribadi (OP) maupun badan metodenya bermacam-macam termasuk e-filing melalui web ataupun e-form yang lebih mudah bisa di mana saja,” ujar Robert, Minggu (18/3).

Ditjen Pajak menargetkan, dalam dua pekan mendatang ada tambahan 8 juta SPT yang masuk. Sejauh ini, baru sekitar 75% disampaikan melalui e-filing. Jika target 14 juta SPT tercapai, jumlah itu setara 80% dari WP yang wajib lapor. “Tahun lalu, kepatuhan pelaporan SPT hanya 73%,” jelas Robert. Ini artinya, target tingkat kepatuhan hanya naik sekitar 7%.

Ada empat cara melapor SPT, yakni e-filing, e-form, datang langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP) atau kantor pelayanan penyuluhan dan konsultasi perpajakan (KP2KP), dan dikirim melalui pos tercatat ke KPP atau dikirim melalui jasa ekspedisi atau kurir ke KPP terdaftar.

Ditjen Pajak optimistis target 14 juta pelapor SPT bisa tercapai tahun ini. Umumnya SPT meningkat pesat menjelang batas akhir pelaporan.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: