Sri Mulyani: Menentukan Angka Pajak Bukan Pakai Nujum

menkeu

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan ingin melihat perhitungan extra effort atau usaha ekstra untuk mencari penerimaan pajak berdasarkan data yang akurat. Menurutnya, data tersebut harus melalui perhitungan data tax amnesty dengan data dari ekonomi makro, regional, serta sektoral.

“Jadi bukannya saya ingin kalau kepala kantor (Pajak) tiba-tiba pendapatannya naik itu dapat angkanya dari langit gitu. Hari ini ngelamun, minum kopi enak, makan pisang goreng terus dapat angka dari langit saya mau dapat sekian, itu bukan ekstra effort, itu namanya nujum,” tegas Sri Mulyani di Kantor DJP, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Oleh karena itu, dia meminta kepada Dirjen Pajak dan kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) untuk memberikan data ekonomi makro, regional dan sektoral kepada masing-masing kepala kantor pajak. Dengan demikian, tambahan informasi tersebut dapat digunakan untuk menaksir ekstra effort.

“Untuk penerimaannya menang bisa diperoleh dari data ekonomi, makro regional, sektoral, plus data dari amnesty pajak. Ini memberikan gambaran yang lebih konkret,” tutur Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, data-data faktual dari sisi ekonomi makro tersebut dapat diperoleh dari tingkat nasional, regional, provinsi bahkan per kota. “Kalau ada data sektoralnya, sektor-sektor apa, setiap daerah di Indonesia punya sektor yang berbeda beda dari sisi permintaan agregat demand,” tukas dia.

Sumber: OKEZONE

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: