Sri Mulyani blak-blakan soal penerimaan pajak RI terus merosot

Calculating numbers for income tax return with pen and calculator

Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengakui tren penerimaan pajak Indonesia kian menurun sejak tiga tahun terakhir. Realisasi pendapatan pajak selalu berada di bawah target APBN. Padahal pajak menjadi salah satu sumber pendapatan negara terbesar.

Dia mengatakan, pada 2014 penerimaan pajak berada Rp 100 triliun di bawah target. Setahun kemudian pemasukan pajak juga hanya Rp 240 triliun triliun di bawah estimasi pajak yang dicatat. Adapun 2016 diperkirakan pajak masuk Rp 219 triliun di bawah target yang telah ditetapkan.

“Pajak penghasilan yang non migas mengalami tekanan cukup besar sejak tiga tahun lalu sehingga penerimaannya terus menurun, tahun 2016 ini penerimaan pajak diperkirakan Rp 219 triliun di bawah dari yang dianggarkan,” ujarnya.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani memaparkan pajak yang ditargetkan pada tahun 2016 ini adalah Rp 1.529,2 triliun. Namun hingga Oktober lalu baru mencapai Rp 986, 6 triliun.

Menurunnya penerimaan pajak dikatakan Ani juga terpengaruh dari ekonomi Indonesia yang juga mengalami tekanan karena ekonomi dunia yang masih belum stabil.

Hal ini akan menjadi perhatian yang serius pemerintah. Sebab, dengan penerimaan pajak yang rendah berakibat pada kondisi defisit pada keuangan negara. Pemerintah pusat mengupayakan langkah mengantisipasi defisit keuangan yang tidak boleh melebihi batas maksimal sebesar tiga persen.

“Kalau pemerintah tidak punya anggaran tambah. Jadi mau ngapain? Ngurangin belanja atau nambah utang. Kami terpaksa melakukan koreksi. Mau mengurangi daftar belanja atau menambah utang itulah kondisinya.”

Sumber: Merdeka

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: