Direktorat Jenderal Pajak Usut Tiga Kasus Pencucian Uang

5d1fe-pegawai2bpajak2bkpp2bpratama252cpegawai2bpajak2blulusan2bstan252cpegawai2bpajak2bgolongan2b3a252cpegawai2bpajak2bgolongan2b2c252cgaji2bpegawai2bpajak2bd3252cgaji2bpegawai2b

Jakarta, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan menangani lima kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) selama 2016. Tiga di antaranya masih dalam tahap penyidikan.

“Penyidikan TPPU kali ini merupakan pengembangan dari kasus faktur pajak fiktif,” ucap Direktur Penegakan Hukum Direktorat Jenderal Pajak Dadang Suwarna di kantornya, Jakarta, Kamis, 26 Januari 2017.

Dadang mengatakan tersangka dalam ketiga kasus yang masih diusut adalah Abdul Chalid alias Tengku, Arjo alias Harjo, Asep Permana, dan M. Devisah Amran alias Didi Ahmad Salam. Mereka diduga menerbitkan faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya. Keuntungan dari penjualan faktur pajak abal-abal tersebut diduga dialihkan ke berbagai aset untuk menutupi kejahatan mereka.

Dadang memastikan aset hasil penjualan faktur pajak abal-abal itu akan sita negara. Menurut dia, penindakan tersebut bertujuan memberi efek jera. “Supaya mereka sadar dan tidak mengulanginya,” ujarnya.

Salah satu tersangka, Abdul Chalid alias Tengku, disebut Dadang sebagai pemain lama. Tengku pernah dibui karena memalsukan faktur pajak, tapi tidak jera. “Kami menemukan 30 cap kantor pelayanan pajak di daerah berbeda dan 70 cap perusahaan abal-abal di kantornya,” tuturnya.

Dari lima penyidikan TPPU yang ditangani Ditjen Pajak, ucap Dadang, satu di antaranya sudah memasuki persidangan. Sidang kasus TPPU dengan terdakwa Rinaldus Andry Suseno digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Satu penyidikan lain baru akan memasuki persidangan. Dadang mengatakan berkas penyidikan TPPU dengan tersangka Amien Ahmad baru dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan hari ini. Berkas tersebut dinyatakan lengkap dan akan diserahkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk segera diproses.

Sumber : Tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: