Kiriman Impor sampai US$ 100 Bebas Bea Masuk

Sebelumnya barang kiriman dari luar negeri yang dibebaskan bea masuk maksimal US$ 50

JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai menaikkan batas nilai pembebasan bea masuk pengiriman barang dari luar negeri. Jika sebelumnya pembebasan untuk barang dari luar negeri. Jika sebelumnya pembebasan untuk barang senilai kurang dari US$ 50, kini naik dua kali lipat menjadi US$ 100.

Kanaikan nilai barang bebas bea masuk itu diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Bea Cukai Nomor PER-2/BC/2017. Peraturan ini dinilai lebih menguntungkan pebisnis e-commerce dan memperjelas beban dan tanggung jawab si pemilik barang. Aturan ini memperkuat  PMK Nomor 182/PMK.04/2016. Aturan ini juga dinilai akan banyak menguntungkan masyarakat yang suka membeli barang daring atau online dari luar negeri.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai Robert Leonard Marbun mengatakan, semakin besarnya jumlah pembebasan barang kiriman oleh Bea Cukai adalah keuntungan aturan ini. “Semula diberikan pembebasan bea masuk free on board (FOB) US$ 50 setiap penerima barang per kiriman, sekarang menjadi FOB US$ 100 setiap penerima barang per kiriman,” katanya dalam keterangan tertulis di laman Bea Cukai, Jumat (17/3).

Namun ada konsekuensi dari aturan ini. Dahulu barang yang melebihi pembebasan (U$ 50) akan dikenai bea masuk dan pajak impor atas kelebihannya. Nah, sekarang barang senilai lebih dari US$ 100 langsung dikarenakan bea masuk dan pajak impor. Nilai US$ 100 tidak akan menjadi pengurang tarif bea masuk.

Ini mendukung paket kebijakan ekonomi, dengan memberikan tarif tunggal.

untuk tarif, Robert bilang, Bea Cukai akan berpedoman pada dokumen pengiriman barang atau Consignment Note (CN) yang diberikan pihak jasa pengiriman atau perusahaan jasa titipan (PJT). Ini adalah dokumen perjanjian pengiriman barang antara pengirim barang di luar negeyri dengan penyelenggara pos untuk mengirimkan barang kiriman kepada penerima barang di dalam negeri.

Apabila dari hasil pemeriksaan barang kiriman memiliki nilai di atas FOB US$ 100, pemilik barang diberikan keleluasaan memilih: menggunakan  CN dan dikenakan tarif 7,5% atau menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK) untuk non-badan usaha dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) untuk badan usaha. tarif PIBK dan PIB dikenakan sesuai jenis barang. Barang kiriman dengan nilai di atas FOB US$ 1.500, harus menggunakan dokumen PIBK atau PIB.

Berlaku seluruh negara

Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, aturan baru ini merupakan bagian dari Paket Kebijakan Ekonomi XIV untuk mendorong e-commerce. Salah satu langkah dalam paket kebijakan ekonomi XIV adalah memberikab persamaan perlakuan perpajakan antara pengusaha e-commerce asing dengan domestik.

Aturan ini akan ditetapkan bertahap dari Februari 2017 sampai Mei 2017 untuk memberikan penyesuaian ke seluruh pemangku kepentingan.

Pada 28 Januari 2017, aturan telah berlaku untuk Kantor Bea Cukai Jakarta, dan pada 16 Februari lalu sudah berlaku di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Semarang. “Regulasi ini mendukung paket kebijakan ekonomi, dengan memberikan tarif tunggal yang sederhana dari semula ribuan tarif. Juga otomatisasi sistem secara penuh sehingga kecepatan penanganan barang e-commerce lebih cepat,” kata Heru pada KONTAN, Minggu (19/3).

Aturan bebas bea masuk untuk nilai di bawah US$ 100, menurut Heru, akan berlaku untuk barang daris semua negara. Selain itu, badan usaha yang memiliki preferensial tarif juga diberikan fasilitas dengan pemberitahuan umum pada Pemberitahuan Impor Barang (PIB).

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 replies

  1. Ini maksudnya utk satu invoice yaa gan atau bisa bbrp invoice tp nilai msh dibawah fob 100 (sdh trmsk onkir).. misal ternyata belanja 105 dollar apakah 5 dollar itu kena pajak 7,5% atau keseluaruhan dr 105..mohon infonya gan

    Suka

  2. jangan percaya sama omongan bea cukai mana dia percaya harga USD 100 BEBAS BM pati banyak tambahannya. KEMARIN SAYA BELI BARANG VIA Fedex untuk menentukan harga CIF MESTINYA C&F + 0,5% TETAPI ANGKANYA DINAIKKAN DAN TIDAK BISA PROTES, INI SEMUA PERMAINAN PJT DAN ORANG BEA CUKAI, brengsek nyolong dan konyol

    Suka

    • maksud dari semua pajak diatas..jika kurang dari $100 maka tidak dikenakan pajak..tapi jika lebih dari $100 maka nilai asli yg di kenakan pajak..
      contoh harga $120 jadi $120 dikali pajak..bukan di kurangi $100..

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: