Ekonomi di Kuartal I Berjalan Datar


SEMARANG. Bank Indonesia (BI) masih melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup baik dan terkendali, meskipun tak dipungkiri masih akan ada sejumlah tantangan dari sektor pangan yang bisa menekan pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2017 ini.

Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo melihat, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih sesuai target BI, yakni 5,0% – 5,4%. Ia melihat ekonomi Indonesia di kuartal I cukup baik, namun sayangnya Dody belum bisa menyebutkan angka pasti untuk pertumbuhan ekonomi di kuartal I ini. “Pertumbuhan ekonomi masih cukup baik, masih akan di kisaran target kami,” katanya, Kamis (30/3).

Meski begitu, Dody bilang, pemerintah mesti mencegah dampak turunan dari kenaikan pangan yang bisa merambat ke kenaikan harga transportasi maupun sektor lainnya. Jadi, bagaimana langkah pemerintah mengendalikan harga pangan bisa mempengaruhi ekonomi di tanah air. “Yang saya khawatirkan untuk pertumbuhan ekonomi kita itu, dampak turunannya. Jadi yang paling penting, bagaimana kita mencegah dampak turunannya ini,” rambahnya.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira bilang, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal I – 2017 masih di kisaran 5%. Ia menilai pertumbuhan ekonomi di kuartal I ini masih didorong oleh konsumsi rumah tangga. Sejumlah sektor bisnis seperti telekomunikasi dan sektor keuangan juga menyumbang pertumbuhan ekonomi cukup baik.

Hanya sektor industri manufaktur yang dirasa Bhima masih belum berkontraksi. “Pertumbuhan ekonomi masih disumbang konsumsi rumah tangga dan beberapa sektor bisnis. Namun kalau kita lihat sisi industri, di awal tahun ini masih belum berekspansi terlalu besar untuk bisa menggerakkan ekonomi ke arah yang positif,” kata Bhima.

Sumber : Kontan, Jumat, 31 Mar 2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: