Kecemasan Hantui Ekonomi Bursa Saham China Longsor

SANGHAI. Sukses mencetak pertumbuhan hingga 6,9% di kuartal I, kecemasan justru membuncah di pasar saham China. Pada awal pekan ini, bursa saham Sanghai anjlok lebih dari 1%, penurunan terbesar sejak tahun 2008 silam.

Sanghai Composite Index merosot 1,6% ke level 3.123,80 pada Senin (25/2). CNBC mencatat, kinerja saham menderita kerguian mingguan terbesar sepanjang tahun ini. Indeks CSI300 blue chip juga ambles 1,3% menjadi 3.423,11 tanpa rebound intraday dan mengalami penurunan terbesar sejak Desember.

Penurunan harian yang lebih dari 1% ini kembali mengulang pada ambruknya bursa saham China yang sangat volatile di tahun lalu. Analisis Mcquarie Capital Ltd Larry Hu mengatakan, data pertumbuha ekonomi China terbilang bagus namun investor masih khawatir atas pencapaian tersebut.

Jatuhnya kinerja saham China dipengaruhi atas kekhawatiran risiko dalam sistem keuangan di China. Volatilitas pasar saham yang tinggi mengakibatkan perdagangan sarat aksi spekulatif

Selain itu, investor juga mulai khawatir bahwa ekonomi bisa kehilangan momentum dalam beberapa bulan mendatang karena Pemerintah Chhina bakal mengetatkan aturan. Terutama, pada bidang properti yang harganya telah memanas.

Kepala Strategi China UBS Securities Gao Ting mengatakan, investor mulai merespon itu dengan mengubah portfolio. “Mereka mulai bertukar ke saham blue chip  yang berkualitas tinggi,” kata Ting seperti dikutip CNBC, Selasa (25/4).

Meski begitu, Ting meyakini bahwa resiko pasar dapat berkurang sejalan dengan pengetatan yang akan dilakukan pemerintah China.

Sejumlah peraturan baru telah dirilis oleh regulator untuk mengurangi risiko keuangan yang berpotensi terjadi. Pekan lalu, regulator asuransi China menegaska telah meningkatkan pengawasan perusahaan asuransi untuk memastikan pelaku mematuhi kontrol yang lebih ketat.

Jika ada pelanggaran, otoritas mengancam akan memeriksa sejumlah petinggi perusahaan asuransi. Pemerintah China juga fokus mengurangi risiko dalam sistem keuangan dengan bergeser dari pengetatan pasar uang dan mengurangi leverage. Ekonom optimis lngkah tersebut akan mengembalikan keadaan stabil pasar China.

Sumber: Harian Kontan, Rabu, 26 April 2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: