Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu Sangat Mendesak

Jakarta – Komsisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah melalui Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, seharusnya tidak menahan-nahan pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Apalagi di sana ada rencana pemisahan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) dari Kementerian Keuangan yang seharusnya efektif pada Januari 2018.

Hal ini diungkapkan oleh Darussalam, pengamat dari Danny Darussalam Tax Centre (DDTC) kepada detikFinance, Senin (15/5/2017).

“RUU KUP seharusnya memang segera diselesaikan karena RUU KUP ini membahas ketentuan formal dari ketentuan perpajakan yang ada. Selain itu, itu juga menjadi dasar bentuk organisasi administrasi pajak ke depan seperti apa,” jelasnya.

Berdasarkan RUU KUP yang diterima detikFinance, pada Bab XXIII tertulis lembaga pajak mulai beroperasi efektif paling lambat 1 Januari 2018.

Selisih waktu sekitar 1,5 tahun akan dipergunakan untuk transformasi. Meliputi tugas, fungsi dan wewenang yang selama ini berada pada Ditjen Pajak.

Di samping itu transformasi juga akan meliputi semua kekayaan negara yang dikelola, dokumen negara yang diadministrasikan, dimiliki serta digunakan, dan semua aparatur sipil negara.

Nama Dirjen Pajak akan berganti menjadi Kepala Lembaga. Kemudian, kewenangan Menteri Keuangan untuk meminta data, informasi, bukti dan atau keterangan yang berkaitan dengan perbankan beralih menjadi kewenangan Kepala Lembaga Pajak.

“Organisasi Ditjen Pajak akan dibuat menjadi organisasi yang sifatnya semi independen, yaitu akan berada di bawah Presiden dengan tetap berkoordinasi dengan Kemenkeu,” paparnya.

Darussalam pemisahan tersebut menjadi sebuah kebutuhan di tengah beban berat Ditjen Pajak untuk mengejar setoran setiap tahunnya.

“DJP sebagai organisasi yang semi independen adalah kebutuhan yang sifatnya mendesak agar Ditjen Pajak mempunyai diskresi dalam hal SDM, anggaran, dan organisasi. Ini perlu dilakukan agar Ditjen Pajak dapat melaksanakan fungsi administrasi pajak untuk mengumpulkan penerimaan pajak yang setiap tahunnya terus meningkat,” terang Darussalam.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: